Oki Setiana Dewi: “Banyak yang tidak Menikah tapi Tinggal Satu Rumah”

Oki Setiana Dewi-2-jpeg.image
Oki Setiana Dewi

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Pada acara Tabligh Akbar menyambut Ramadhan “Kokohkan Keluarga Indonesia dengan Al-Qur’an” di Masjid Istiqlal Selasa (2/6/2015) kemarin aktivis Muslimah Oki Setiana Dewi mengungkapkan, sosok Ibu berperan penting untuk menjadikan seorang anak agar memiliki akhlak yang baik.

“Sebagus apapun bibitnya maka akan menghasilkan buah yang baik,“ ujar Oki.

Menurutnya, pada zaman ini banyak perzinaan yang dilakukan oleh anak-anak muda, mereka beranggapan hal tersebut biasa- biasa saja.

Banyak anak muda yang tidak mengerti dan tidak mengagungkan pernikahan, sehingga dampaknya banyak dari mereka yang tidak menikah tapi satu rumah.

“Pemahaman agama yang kurang menjadikan anak-anak tidak mengagungkan pernikahan, sehingga terbesit pada mereka, ’toh akhirnya nanti kita menikah, toh nanti kita juga sama sama’, sehingga banyak yang tidak menikah tapi tinggal satu rumah,“ ungkapnya.

Baca Juga

Oki menuturkan, pernikahan yang baik harus dilandasi cinta kasih kepada Allah dan memiliki tanggung jawab tentang pentingnya pernikahan berlandaskan Islam.

“Menikah itu harus lillah karena Allah, menikah bukan hanya perkara disayang-sayang, tapi lebih ke tanggung jawab,“ tambahnya.

Ia menambahkan, Rasulullah memang menyuruh agar kita mengungkapkan perasaan cinta kepada saudara kita sesama Muslim. Tapi, jelas Oki, itu bukan antara laki-laki dengan perempuan.

Uhibbuki fillah itu dalam konteks saling menyayangi sesama saudara seiman antara laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan.

“Al-Qur’an bukan berkata ‘jangan berzina’, tapi jangan dekati zina. Redaksi ini merupakan satu bentuk penekanan, betapa keras Islam melarang umatnya berzina. Dalam surat An-Nur 30-31, dikatakan pada laki-laki beriman dan perempuan beriman agar mereka menjaga pandangan, serta menjaga kemaluan,“ tutupnya. (EZ/salamonline)

Baca Juga