Partai Erdogan, AKP, Kembali Menangi Pemilu Turki

Turki-PM Turki Ahmet Davutoglu (kanan) menyatakan kemenangan AKP dalam pemilu legislatif Ahad (7-6-2015)-jpeg.image
PM Turki Ahmet Davutoglu (kanan)

ANKARA (SALAM-ONLINE): Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), partainya Presiden Recep Tayyip Erdogan berhasil menjadi pemenang dalam pemilu legislatif Ahad (7/6) kemarin.

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu menyatakan AKP sebagai pemenang pemilihan parlemen dalam pemilu yang diikuti lebih dari 53 juta pemilih, meski bukan mayoritas mutlak.

“Tidak ada keraguan bahwa AKP adalah pemenang pemilu ini, memenangkan wakil dari 76 provinsi,” ungkap Davutoglu, Ahad (7/6) seperti dikutip Anadolu.

AKP mengantongi suara lebih dari 40 persen dalam pemilu legislatif kali ini atau 258 kursi dari 550 kursi yang diperebutkan. Itu berarti AKP menang berturt-turut untuk yang keempat kalinya. Namun AKP gagal meraih suara mayoritas mutlak yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan sendiri.

Baca Juga

Kejutan di pemilu kali ini adalah Partai Rakyat Demokratik pro-Kurdi (HDP) lolos melewati ambang batas 10 persen dengan meraih 13,07 persen suara yang berarti mengantongi 79 kursi di parlemen. Ini untuk pertama kalinya HDP masuk parlemen sebagai partai.

Sementara Partai Republik Rakyat (CHP) yang menjadi pemenang kedua setelah AKP, meraih 25 persen suara dengan 132 kursi. Dan, Partai Gerakan Nasionalis (MHP) naik 16,33 persen dengan 81 kursi.

Jumlah pemilih mencapai 86,56 persen. (mus/salamonline)

Sumber: Anadolu

Baca Juga