Pemerintah Libya Umumkan Gugurnya Pemimpin Al-Qaidah

Mokhtar Belmokhtar-1-jpeg.image
Mokhtar Belmokhtar

TRIPOLI (SALAM-ONLINE): Pemerintah Libya mengumumkan gugurnya pemimpin Al- Qaidah Libya Mokhtar Belmokhtar pada Ahad (14/6/2015) malam. Belmokhtar gugur oleh serangan tentara Amerika di kota Ajdabiya.

Pihak pemerintah mengatakan, serangan tersebut adalah bagian dari upaya internasional kepada Libya dalam memerangi “terorisme”.

“Ini jadi perhatian serius oleh pemerintah Libya sendiri maupun dunia internasional,” ucap salah satu sumber dari pemerintah Libya, seperti dilansir Al Arabiya, Senin (15/6/2015)

Sebelumnya, pada Sabtu (13/6/2015) malam Pentagon mengumumkan serangan dengan target Al-Qaidah dan lebih khusus mengarah kepada Belmokhtar.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS Stephen Warren, dalam sebuah pernyataan mengatakan segera melakukan evaluasi hasil serangan tersebut.

Baca Juga

“Kami mengevaluasi hal tersebut dan akan memberikan informasi tambahan pada waktu yang tepat,” ujar Stephen.

Sumber setempat mengatakan bahwa Belmokhtar gugur saat melakukan rapat di salah satu peternakan di kota Ajdabiya. Dia terbunuh bersama 7 orang lainnya.

Siapakah Belmokhtar?

Belmokhtar lahir di Aljazair pada Juni 1972. Pada 1989 ia pergi ke Afghanistan, bergabung bersama para pejuang lainnya untuk melawan tentara Soviet. Pada 1992 Belmokhtar pulang kembali ke Aljazair dan bergabung bersama para militan setempat.

Dalam perjalanannya, Belmokhtar aktif melakukan serangan-serangan perlawanan terhadap AS dan sekutunya. (ay/salamonline)

Baca Juga