Puluhan Ribu Massa di Turki Peringati Kebiadaban Zionis dalam Tragedi Mavi Marmara

P1050462ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Puluhan ribu massa dari berbagai negara berkumpul di halaman Masjid Fatih, Istanbul, Ahad (31/5) sore, untuk mengikuti peringatan 5 tahun tragedi kapal Mavi Marmara pada Mei 2010 lalu. Mereka mengenang peristiwa serangan penjajah Zionis terhadap rombongan kapal yang membawa bantuan kemanusiaan dari berbagai negara untuk Palestina.

P1050507Tragedi yang terjadi pada Mei lima tahun lalu yang juga dikenal dalam misi Freedom Frotilla, dimana para relawan kemanusiaan dari berbagai negara mendapat serangan dari pasukan Zionis. Dari enam kapal, Mavi Marmara, nama kapal itu, mendapat serangan yang dilakukan pasukan Zionis, 9 relawan kemanusiaan Turki gugur, dan sejumlah lainnya yang berasal dari beberapa negara menderika luka tembak. Termasuk Surya Fachrizal, seorang wartawan Indonesia yang turut dalam misi kemanusiaan itu mendapat luka tembak di bagian dadanya.

P1050499Dari pantauan salam-online di halaman Masjid Fatih, tampak anak-anak, pemuda, orang tua dan para ulama mensyi’arkan acara ini. Tak lupa mereka membawa bendera Palestina, Turki, Suriah, dan lainnya, termasuk bendera Merah Putih Indonesia juga berkibar.

P1050456Sejumlah lembaga kemanusiaan tentu saja menghadiri acara yang dimotori IHH Turki ini, termasuk dari Indonesia: Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS) dan Sahabat Al Aqsha. IHH Turki, yang merupakan lembaga kemanusiaan internasional berasal dari Turki, memfasiltasi acara ini.

Baca Juga

P1050438Selain salam-online, tiga media dari Indonesia turut mengikuti sekaligus meliput acara ini, yaitu  TVONE, Detik.com dan Jawa Pos.

P1050514Acara dibuka dengan pembacaan Qur’an. Setelah itu sejumlah tokoh menyampaikan orasinya. Acara berlanjut dengan long march menuju tempat pemakaman para korban penembakan Zionis dari kapal Mavi Marmara itu, di Edirnekapi. Menjelang maghrib, sekitar pukul 20.30 waktu Istanbul, acara berakhir. (salamonline)

Foto-foto: salam-online

Baca Juga