Bantu Bangun Kembali Masjid dan Kios di Tolikara, Rumah Zakat Salurkan Dana Awal Rp 50 Juta

rumah zakat copy
Penyerahan dana bantuan awal dari Rumah Zakat untuk pembangunan kembali Masjid dan kios (Dokumentasi: JITU)

TOLIKARA (SALAM-ONLINE): Melalui perwakilannya, Andi Mangewai Latif, Rumah Zakat (RZ) Jayawijaya, Papua menyalurkan dana bantuan awal sebesar Rp 50 juta kepada Ketua Tim Pemulihan Pemerintah Daerah (Pemda) Tolikara, Edy Rangek Tasak.

“Itu baru dana bantuan awal yang kita serahkan,” kata Andi kepada anggota Jurnalis Islam Bersatu (JITU) di kantor bupati lama Tolikara, Jum’at (24/7) siang.

Sebab, kata Andi lagi, jika melihat hasil diskusi dengan tim dari Pemda, dana untuk membangun kembali tempat ibadah dan kios itu, besar. Maka, ujarnya, RZ akan menyalurkan kembali dana bantuan selanjutnya.

“Untuk nominalnya saya belum tahu, nanti akan kita bicarakan dulu dengan teman-teman di RZ,” tutur Andi.

Baca Juga

Andi menegaskan bahwa RZ juga siap melakukan pengawalan terhadap tim Pemda dalam mengelola dana bantuan tersebut agar benar-benar disalurkan sesuai dengan apa yang diamanahkan.

“Itu prosedur kami, Mas. Setiap dana yang tersalurkan akan kita kontrol dan kawal,” tegas Andi.

Dari dana bantuan itu, Andi berharap minimal bisa membantu para korban dari tragedi pembakaran kios, rumah warga dan Masjid Baitul Muttaqin di Tolikara, Jum’at (17/7) pekan lalu.

“Dengan dana itu semoga tempat ibadah dan kios sementara, bisa segera dibangun kembali dan cepat selesai, sehingga warga Muslim Tolikara khususnya juga punya tempat yang representatif untuk menjalankan shalat,” tandasnya. (Laporan Achmad Fazeri/JITU)

Baca Juga