Fadli Zon: ‘Kemungkinan Indonesia Kembali Alami Krisis Seperti 1998 yang Tumbangkan Orde Baru’

Wakil Ketua DPR Fadli Zon-2-jpeg.image
Wakil Ketua DPR Fadli Zon

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai pemerintah kurang maksimal dalam mengantisipasi perlambatan ekonomi Indonesia.

Menurut politikus Partai Gerindra itu, pemerintah semestinya mewaspadai tanda-tanda Indonesia kembali terjerumus ke dalam situasi krisis 1998, yang kala itu bahkan bisa meruntuhkan rezim Orde Baru.

Kekhawatiran tersebut, lanjut Fadli, sangat beralasan. Salah satu indikator pelemahan ini bisa dilihat dari loyonya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Belakangan ini, kurs bahkan mencapai Rp13.500 per satu dolar AS.

“Ini hal yang sama dengan krisis tahun 1998. Memang, puncaknya itu mencapai Rp18.000. Tetapi, pas April, Mei (tahun 1998), sudah kisaran itu. Ini sudah sangat membahayakan,” ujarnya, Jumat (7/8) seperti dikutip Republika Online, Sabtu (8/8).

Baca Juga

Dia mengaku, sudah menjelaskan langsung kepada Presiden Joko Widodo terkait kemungkinan Indonesia terjerumus mengulang sejarah kelam, yaitu krisis ekonomi seperti 1998, yang menumbangkan rezim Orde Baru.

Fadli mengatakan krisis ekonomi bukan lagi di ambang mata. Maka dari itu, Presiden diminta melakukan terobosan.

“Kita ini sebenarnya sudah memasuki tahap awal krisis, bukan lagi menyongsong krisis, sehingga pendekatannya mestinya pendekatan yang lebih konservatif,” katanya.

Sumber: Republika.co.id

Baca Juga