Beda dengan Pemerintah, Muhammadiyah Idul Adha 23 September

Muhammadiyah Shalat Idul Adha 23 September-3-jpeg.imageJAKARTA (SALAM-ONLINE): Pemerintah melalui Kementerian Agama menyelenggarakan sidang itsbat, Ahad (13/9) petang. Sidang itsbat kali ini dilakukan untuk menentukan awal bulan Zulhijah 1436 Hijriyah. Dengan penentuan awal bulan ini, dipastikan dapat diketahui waktu jatuhnya perayaan Idul Adha.

Ormas Muhammadiyah menyiratkan perayaan Idul Adha tahun ini akan berbeda dengan tanggal yang telah ditetapkan pemerintah. Muhammadiyah telah menetapkan awal Zulhijah sejak sebulan lalu.

“Tentang awal bulan Zulhijah, Muhammadiyah sudah menetapkan dari sebulan lalu, bahwa jatuhnya Senin 14 September 2015. Jadi Senin adalah awal bulan Zulhijah dan tanggal 23 September adalah Idul Adha,” ujar Wakil Sekretaris Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma’rifat Iman di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, (13/9/2015).

“Yang sama itu (dengan pemerintah) Idul Fitri, Insya Allah sampai 2025 akan sama. Tapi Idul Adha ada beberapa hal yang beda. Bukan karena Muhammadiyah selalu beda dengan pemerintah,” tegasnya seperti dikutip Liputan6.com, Ahad (13/9).

Menurut Iman, yang membedakan kriteria yang ditetapkan Muhammadiyah dan pemerintah berlandas ketinggian hilal.

“Muhammadiyah enggak perhatikan berapa derajat,. dimana (ada anggapan) yang penting sudah di atas ufuk atau horison atau nol derajat lebih. Muhammadiyah itu landasannya hisab murni. Berapapun dia (bulan) di atas ufuk, maka nanti malam setelah maghrib adalah satu Zulhijah,” jelas Iman.

Baca Juga

Dia menuturkan, meski berlandasan hisab murni, pihaknya mempunyai hitungan tersendiri. Hilal yang berada di atas 2 derajat, dipastikan akan sama perayaan Idul Adhanya dengan pemerintah.

“Dari perhitungan yang beda nanti, kita ada hitung tanggalnya. Intinya yang jadi perbedaan ketinggian hilal di bawah 2 derajat. Kalau di atas 2 derajat insya Allah akan sama. Jadi kalau ada anggapan Muhammadiyah selalu berbeda, itu salah,” terang Iman.

Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat hari raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada 23 September 2015. Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu’thi menerangkan penetapan itu didasarkan pada penghitungan hisab hakiki wujudul hilal.

Kemungkinan, Mu’thi menambahkan, Arab Saudi dan mayoritas organisasi Islam lainnya juga akan merayakan Idul Adha pada 23 September 2015.

Sumber: Liputan6.com

Baca Juga