Di Tengah Kritikan atas Pelaksanaan Ibadah Haji, Presiden Erdogan Bela Saudi

Presiden Erdogan-4-jpeg.image
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

ANKARA (SALAM-ONLINE): Di tengah kritikan menghujani Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan justru membela negara “penjaga dua tanah suci” itu.

“Saya tidak bersimpati dengan pernyataan-pernyataan yang bermusuhan untuk melawan Arab Saudi,” kata Erdogan di hadapan wartawan seperti dikutip Arabnews, Sabtu (26/9).

Menurut Erdogan, adalah keliru hanya menyalahkan Arab Saudi yang telah melakukan event pelaksanaan haji setiap tahun dengan sebaik mungkin.

Baca Juga

“Anda harus melihat gelas itu sebagai setengah penuh,” katanya sambil menambahkan bahwa masing-masing negara itu bisa saja gagal dalam hal dan pada saat-saat tertentu.

Seperti diketahui, pelaksanaan ibadah haji tahun ini diwarnai musibah. Pertama, pada 11 September lalu, crane jatuh di Masjidil Haram, 109 orang meninggal. Kemudian pada Kamis (24/9) lalu terjadi tragedi di Mina. Setidaknya 717 orang juga meninggal, dan ratusan lainnya cedera dalam tragedi terburuk sepanjang 25 tahun pelaksanaan ibadah haji. (mus)

Sumber: Arabnews

Baca Juga