2 Jam Gelar Munashoroh Suriah, FIPS Kumpulkan Ratusan Juta dan Mercedes-Benz dari Seorang Jamaah

FIPS-SAPA Islam-Munashoroh Suriah di Masjid Al-Furqon-2-jpeg.image
Ratusan Jamaah di Masjid Al-Furqon Dewan Dakwah antusias mendengarkan orasi dari para tokoh umat tentang Bumi Syam, termasuk Suriah, yang disebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai negeri yang diberkahi (Foto: EZ/salam-online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Forum Indonesia Peduli Syam dan Satuan Pembela (SAPA) Islam menggelar Munashoroh Suriah yang bertajuk ‘Negeri Syam Digempur, Umat Islam ke Mana’ Rabu, 1 Muharram 1437 H (14 Oktober 2015 M) di Masjid Al-Furqon, Dewan Dakwah, Kramat Raya, Jakarta.

Sejumlah tokoh seperti Ustadz Abdul Wahid Alwi, Ustadz Bachtiar Nasir, Ustadz Abu Jibriel, Ustadz Ferry Nur dan beberapa relawan kemanusian untuk Suriah tampil menyampaikan orasinya tentang perlunya umat Islam melakukan munashoroh (berkontribusi) untuk membantu rakyat Suriah yang saat ini sangat memerlukan pertolongan saudara-saudaranya dari belahan bumi lain.

Dalam dua kali putaran dan hitungan sekitar 2 jam berlangsungnya acara munashoroh yang berakhir menjelang shalat Zuhur itu, terkumpul dana dari ribuan jamaah yang menghadiri acara tersebut. Nilainya ratusan juta rupiah, terdiri dari dana cash Rp 97 juta, plus dalam mata uang riyal, dolar, ringgit, perhiasan emas, dan dalam bentuk mobil, yaitu sebuah Mercedes-Benz.

“Selain dana cash dalam bentuk rupiah lebih dari 97 juta rupiah, dan mata uang riyal, dolar, ringgit, perhiasan emas, ada seorang jamaah dari Bogor yang menyumbangkan sebuah mobil mercedes-benz, sehingga dalam 2 jam terkumpul dana kemanusiaan untuk Suriah dalam hitungan ratusan juta rupiah,” kata Hardiansyah, salah seorang panitia.

Baca Juga

Menurut Hardi, berapa ratus juta pastinya jumlah dana yang terkumpul Rabu (14/10) kemarin, tergantung berapa nilai jual mobil mercedes yang disumbangkan, berikut perhiasan emas dan dana dalam bentuk mata uang riyal, dolar, ringgit, dan lainnya. “Namun dana cash dalam bentuk rupiah sekitar dua jam acara terkumpul 97 juta rupiah lebih,” terangnya.

Ketua panitia Munashoroh Suriah Muhammad Pizaro mengatakan, Munashoroh akan berlanjut ke masjid-masjid dan daerah lainnya.

Munashoroh Suriah-1-jpeg.image“Ini untuk meringankan beban rakyat Suriah yang menderita dan membutuhkan bantuan dalam konflik yang terjadi lebih dari empat tahun di negaranya. Terlebih lagi saat ini, Rusia terang-terangan turut menggempur negara mereka, itu menambah penderitaan mereka. Karena itulah kami menggelar munashoroh ini,” ujar Pizaro. (mus)

Baca Juga