Presiden Erdogan: “Rezim Asad Pelaku Utama Terorisme di Suriah”

Presiden Recep Tayyip Erdogan-3-jpeg.image
Presiden Recep Tayyip Erdogan

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Kamis (19/11) mengatakan bahwa rezim Suriah telah mendukung terorisme di negara tersebut. Dialah, kata Erdogan, pelaku utama terorisme di negara yang dilanda perang sejak Maret 2011 itu.

“Pelaku utama tragedi kemanusiaan hari ini dan pelaku terorisme adalah rezim Asad yang telah menewaskan 380.000 orang,” kata Erdogan, seperti dilansir Memo, Kamis (19/11).

Berbicara pada upacara pembukaan Dewan Energi Atlantik dan KTT Ekonomi Kamis, Presiden Erdogan menegaskan bahwa organisasi teroris di wilayah ini melayani rezim Asad, baik secara langsung maupun tidak langsung . “Dan Asad juga menjadi pendukung Daesh (ISIS, red),” ujar Erdogan.

“Siapa pun yang berdiri di belakang orang ini (Asad, red), mereka sama bersalahnya seperti dia,” kata Erdogan.

Erdogan menyebut, faktanya rezim Asad di Suriah membeli minyak dari Daesh/IS (ISIS).

“Sekarang, organisasi teroris di wilayah ini melayani rezim Asad, langsung atau tidak langsung,” tambahnya.

Baca Juga

Daesh didukung oleh Asad. Asad, terang Erdogan, sekarang adalah pembeli minyak Daesh dan mengubahnya menjadi uang.” Hanya orang buta yang tidak bisa melihat ini. Ini jelas,” ungkapnya.

Beralih ke dampak serangan Daesh terhadap komunitas Muslim yang lebih luas, Erdogan mengatakan, “Mereka yang merendahkan Islam dan Muslim disebabkan ulah Daesh telah membuat kesalahan besar.”

Kelompok seperti ini tidak punya hubungan dengan Islam, kata Erdogan.

“Darah setiap korban yang tidak bersalah yang dibunuh oleh organisasi-organisasi ini juga melumuri tangan-tangan penguasa di belakang mereka,” tandasnya (EZ/salam-online)

Sumber: Middle East Monitor (MEMO)

Baca Juga