Tak Butuh Rusia, Erdogan: “Turki dengan Mudah Dapatkan Pemasok Gas dari Negara Lain”

Presiden Erdogan-24-jpeg.image
Presiden Recep Tayyip Erdogan

SALAM-ONLINE: Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa Turki tidak memerlukan gas Rusia. Turki tak butuh gas Rusia, karena, untuk itu, negaranya dengan mudah mendapatkan pemasok gas dari negara lain untuk menggantikan posisi Rusia yang selama ini memasok gas ke Turki, demikian ditegaskan oleh Erdogan seperti dilansir Worldbulletin, Sabtu (5/12).

Erdogan mengatakan, Rusia bukanlah satu-satunya negara pemasok utama minyak dan gas ke Turki.

“Hal ini dimungkinkan untuk mendapatkan pemasok (dari negara) yang berbeda,” kata Erdogan dalam pidatonya seraya menyebut Qatar dan Azerbaijan sebagai dua negara yang bekerjasama dengan Turki.

Baca Juga

Dalam kunjungannya ke Azerbaijan, Perdana Menteri Ahmet Davutoglu telah menandatangani kerja sama untuk pasokan minyak dan gas ke Turki. Tak hanya Azerbaijan, untuk itu Turki juga bekerjasama dengan Qatar.

Seperti diketahui, Rusia memutuskan kerja sama ekonominya dengan Turki, termasuk pasokan gas yang selama ini disuplai dari negara beruang merah itu, setelah insiden ditembak jatuhnya pesawat tempur Rusia karena melanggar wilayah udara Turki pada 24 November lalu. (mus)

Sumber: Worldbulletin

Baca Juga