Wakil PM Turki: “Aksi Provokatif Rusia Kekanak-kanakan”

Başbakan Yardımcısı ve Hükümet Sözcüsü Numan Kurtulmuş, Bakanlar Kurulu toplantısının ardından gazetecilere açıklama yaptı. (Ahmet Bolat - Anadolu Ajansı)
Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus saat konferensi pers di Ankara

ANKARA (SALAM-ONLINE): Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus mengatakan, aksi provokatif Rusia saat melewati Selat Istanbul Bosporus dengan membawa rudal dalam perjalanan ke laut Mediterania seperti kekanak-kanakan.

“Kami melihat hal itu sebagai pertunjukan anak-anak,” kata Kurtulmus dalam konferensi pers di Ankara, Senin (7/12) seperti dilansir Dailysabah.

Numan mengatakan bahwa tindakan tersebut merupakan sebuah ancaman yang dilakukan Rusia kepada Turki.

“Kami tidak pernah sedikit pun mengancam kapal-kapal Rusia yang melewati selat Bosporus dengan cara apa pun,” tambahnya.

Ia mengatakan, dengan adanya pertunjukan kekanak-kanakan yang dilakukan oleh Rusia, Turki berharap tidak ada kejadian seperti 24 November lalu yang dapat menegangkan kedua negara.

Baca Juga

Insiden pada Ahad (6/12) lalu, seorang fotografer menangkap seorang awak kapal Caesar Kunikov yang sedang memegang rudal, bertujuan untuk melucurkannya ke permukaan menuju kota terbesar Turki.

Sebelumnya pada Senin (7/12), Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mendesak Rusia untuk mundur dari sikap provokatif yang dilakukannya kepada Turki. Setelah kejadian tersebut Mevlut langsung mengadakan pertemuan bersama Duta Besar Rusia Andrey Karlov untuk Turki selama satu jam.

Ankara dilaporkan meminta penjelasan dari Duta Besar Rusia apakah rudal tersebut bagian provokasi tindakan individu atau direncanakan atas nama militer Rusia.

Insiden itu terjadi di tengah ketegangan antara Turki dan Rusia sejak ditembak jatuhnya sebuah pesawat perang Rusia di Turki selatan karena melanggar wilayah udara negara yang dipimpin oleh Presiden Erdogan itu. (EZ/salam-online)

Sumber: DailySabah

Baca Juga