Jika Proses Politik di Suriah Gagal, Menlu Saudi: “Asad Harus Diturunkan Secara Paksa”

Menlu Saudi Adel Al Jubeir
Menlu Saudi Adel Al Jubeir

SALAM-ONLINE: Menteri Luar Negeri Arab saudi Adel Al Jubeir mengatakan jika proses politik perdamaian Suriah gagal, maka Basyar Asad harus diturunkan secara paksa.

“Saya percaya Asad lemah dan saya percaya Asad akan segera selesai,” kata Adel kepada CNN dalam sebuah wawancara di Munich, Jerman, sebagaimana dikutip Arab News, Ahad (14/2).

Ia menegaskan, Asad harus meninggalkan Suriah dan tidak ada keraguan tentang itu.

“Akan lebih baik jika Asad mundur melalui proses politik. Jika tidak, ia harus diturunkan secara paksa. Kami akan mendorong sebanyak apa pun yang kami bisa untuk memastikan bahwa proses politik berjalan dengan baik. Jika tidak bekerja, itu karena sikap keras kepala rezim Suriah dan sekutunya,” tandasnya.

Baca Juga

“Sudah jelas bahwa tidak ada pilihan untuk menjatuhkan Asad kecuali dengan kekuatan,” ujar Al Jubeir.

Arab Saudi, kata dia, siap untuk berkontribusi dalam mengirimkan bantuan pasukan darat ke Suriah, tetapi hanya sebagai bagian dari koalisi yang dipimpin AS.

“Kami mengatakan, kami akan berpartisipasi dalam koalisi yang dipimpin AS. Koalisi ini memutuskan untuk mengirim pasukan darat ke Suriah. Kami siap untuk mengirim pasukan khusus dengan orang-orang dan tentara yang kami miliki,” tegasnya. (EZ/salam-online)

Sumber: Arab News

Baca Juga