Kutuk Segala Bentuk ‘Terorisme’, 33 Menteri Dalam Negeri Arab Kecam Iran dan ‘Hizbullah’

file-03-1456945905020191700TUNIS (SALAM-ONLINE): Persatuan Liga Arab bersama Menteri Dalam Negeri dari berbagai negara Arab pada Kamis (3/3) mengecam Iran dan milisi Syiah “Hizbullah”. Keduanya dinilai telah menghancurkan tanah Arab.

Liga Arab menggelar pertemuan di ibu kota Tunis, Tunisia, di bawah koordinasi Presiden Mohamed Beji Caid Essebsi, dengan dihadiri 33 menteri dari seluruh negara Arab, lansir Arab News, Kamis (3/3).

Pertemuan yang bertemakan “Deklarasi Tunisia” tersebut memaparkan solusi untuk menyelesaikan masalah “terorisme” dan konflik yang ada di timur tengah.

Deklarasi tersebut menyatakan bahwa para menteri mengutuk segala bentuk “terorisme”, termasuk yang diarahkan terhadap etnis minoritas. Para menteri menyerukan upaya lebih lanjut yang dilakukan oleh negara-negara Arab sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Para menteri juga mengecam apa yang telah dilakukan Zionis “Israel” untuk mensponsori tindakan terorisme di seluruh negara-negara Arab. Mereka juga mendesak dukungan lebih lanjut untuk hak Palestina dalam menentukan nasib dan sebuah negara merdeka dengan Al-Quds sebagai ibukotanya.

Selain itu, Para menteri mengecam penyerbuan kedutaan dan konsulat Arab Saudi yang dilakukan oleh Iran dan pelecehan yang diderita diplomat Arab Saudi dan keluarga mereka.

Baca Juga

Mereka mengecam Iran bersama “Hizbullah” atas perilaku mengacaukan dan menghasut perselisihan sektarian di Bahrain dan beberapa negara Arab.

Deklarasi tersebut menyatakan bahwa resolusi ini diambil sejalan dengan tujuan dari Liga Arab dan prinsip-prinsip yang digariskan dalam Konvensi Arab tentang pemberantasan “terorisme”.

Ini termasuk keyakinan bahwa “terorisme” merupakan ancaman nyata terhadap keamanan regional dan global sehingga diperlukan upaya pemberantasan yang sejalan dengan prinsip-pronsip yang digariskan dalam Konvensi Arab. (EZ/salam-online)

Sumber: Arab News

Baca Juga