Mundur dari Pemimpin Partai dan Perdana Menteri Turki, Davutoglu Akan Aktif di Parlemen

AhmetXDavutoglu
Ahmet Davutoglu

ANKARA (SALAM-ONLINE): Partai berkuasa Turki, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP akan menggelar pemilihan kepemimpinan, menyusul rencana pengunduran diri Perdana Menteri Ahmet Davutoglu, baik sebagai perdana menteri maupun ketua partai.

Berbicara pada konferensi pers di Ankara, Kamis (5/5), sehari setelah pembicaraan empat matanya dengan Presiden Erdogan, Davutoglu mengatakan, dia tidak akan mencalonkan diri kembali dalam kongres luar biasa partai, yang akan digelar 22 Mei mendatang.

“Setelah berkonsultasi dengan Presiden, saya memutuskan bahwa adalah hal yang tepat bagi soliditas AKP untuk mengganti ketua,” kata Davutoglu di markas AKP, Ankara, Kamis (5/5).

Davutoglu menegaskan mundurnya dia sebagai ketua partai, berarti posisi dia sebagai perdana menteri juga akan diganti.

Baca Juga

Davutoglu juga mengatakan ia akan terus aktif melaksanakan tugasnya di parlemen (dari AKP) mewakili provinsi Konya setelah tak lagi menjadi pemimpin partai dan kursi perdana menteri.

Kongres luar biasa AKP yang terakhir diadakan pada Agustus 2014 lalu, ketika Davutoglu menggantikan Recep Tayyip Erdogan sebagai perdana menteri, karena Erdogan terpilih menjadi presiden. (s)

Sumber: Anadolu

Baca Juga