Mau Terbang ke Amsterdam, Salah Seorang Tokoh Kudeta Turki Dicekal di Bandara Saudi

Saudi-Turki-Mau Terbang ke Amsterdam, salah seorang tokoh kudeta turki dicekal saudi
Bandara Internasional King Fahd, Dammam, Saudi

SALAM-ONLINE: Atase Militer Turki untuk Kuwait pendukung kudeta yang gagal, ditahan oleh pihak berwenang Saudi saat hendak melarikan diri ke Eropa.

Atase militer Turki untuk Kuwait, Mikail Gullu, ditahan oleh otoritas keamanan Saudi setelah permintaan dari Ankara pada Ahad (17/7), kantor berita Anadolu melaporkan Senin (18/7). Gullu segera diekstradisi ke Turki.

Menurut laporan, Gullu ditahan setelah ia meninggalkan Kuwait dan transit di bandara King Fahd, Dammam, Saudi, dengan tujuan Amsterdam. Gullu mau terbang ke Amsterdam setelah gagalnya upaya kudeta sekelompok kecil tentara dalam militer Turki.

Sumber mengatakan Gullu diperkirakan akan ditunjuk sebagai Presiden Teknik dan Industri Chemical Corporation jika kudeta itu berhasil.

Baca Juga

Pemerintah Saudi sedang memproses ekstradisi Gullu, sumber itu menambahkan.

Sementara itu, Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan yang telah berhasil menggagalkan kudeta.

“Yang Mulia (Raja Salman) Mengucapkan selamat untuk Presiden Erdogan yang mengembalikan kondisi normal di Turki dan menyatakan Kerajaan Saudi Arabia menyambut keamanan dan stabilitas yang dipulihkan oleh pimpinan Yang Mulia [Erdogan] dan melanjutkan kerja pemerintah Turki,” demikian lansir Saudi Press Agency, mengutip sumber kerajaan. (EZ/salam-online)

Sumber: Dailysabah

Baca Juga