Raja Salman Nyatakan Dukungan kepada Pemerintah Turki Melawan Kudeta

Raja Salman dan Presiden Erdogan
Raja Salman dan Presiden Erdogan

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Dua hari setelah Turki menggagalkan kudeta militer, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan pembicaraan dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud melalui telepon pada Ahad (17/7), demikian sumber-sumber dari kepresidenan mengatakan kepada kantor berita Anadolu.

Dalam percakapan, Raja Salman menyampaikan belasungkawa kepada Erdogan dan rakyat Turki atas korban jiwa dalam kudeta yang gagal pada Jumat (15/7) malam lalu, kata sumber, yang minta tak disebutkan namanya.

Menyampaikan dukungan dari Arab Saudi untuk pemerintahan Erdogan yang terpilih secara demokratis, Raja Salman mengatakan perdamaian, stabilitas dan keamanan Turki adalah penting untuk seluruh wilayah.

Erdogan mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman atas dukungannya. Sementara Raja Salman mengatakan mereka berdiri dalam solidaritas penuh dengan Turki.

Baca Juga

Seperti diberitakan, Jumat malam lalu, sekelompok kecil tentara berupaya menggulingkan pemerintah Turki yang terpilih secara demokratis dengan paksa. Sebelum kudeta itu dikalahkan, sekitar 160 orang gugur dalam bentrokan melawan pasukan kudeta.

Sebanyak 2.839 personil militer yang terlibat dalam upaya kudeta telah ditangkap, dan 104 tentara pro-kudeta, termasuk beberapa perwira senior, terbunuh dalam upaya penggulingan tersebut. (EZ/salam-online)

Sumber: Anadolu

Baca Juga