Tiga Tempat di Saudi Diguncang Ledakan, Termasuk Madinah dan Jeddah

Bom SaudiSALAM-ONLINE: Tiga ledakan di Kota Jeddah, Madinah dan Qatib mengguncang Arab Saudi. Peristiwa ini setidaknya menewaskan empat orang, termasuk pelakunya, lansir Aljazeera, Senin (4/7) malam.

Foto di media sosial menunjukkan asap mengepul kelihatan dari luar Masjid Nabawi. Penyebab ledakan itu belum diketahui. Beberapa laporan mengatakan itu adalah bom “bunuh diri”, sementara yang lain mengatakan ledakan berasal dari tabung gas.

Qari Ziyaad Patel (36), jamaah dari Afrika selatan yang tengah berada di dalam Masjid Nabawi mengaku mendengar ledakan tak lama setelah adzan Magrib.

Sejumlah jamaah tak menduga suara ledakan itu adalah bom. Mereka mengira suara itu hanyalah bagian dari tembakan meriam sebagai tradisi warga setempat, meski guncangannya sangat terasa kuat.

“Getarannya terasa sangat kuat seperti gedung yang runtuh,” ujarnya seperti dikutip kantor berita AP.

Dua ledakan lainnya menghantam kota timur Qatif, tak jauh dari pantai Teluk, dalam waktu yang tak jauh berbeda dengan ledakan di Madinah, kata warga.

Para saksi mata mengatakan pelakunya juga turut meledakkan dirinya tak jauh dari sebuah masjid komunitas Syiah. Mereka melaporkan melihat bagian tubuh yang tergeletak di tanah.

“Itu bom bunuh diri. Saya melihat bagian tubuhnya yang hancur berkeping-keping,” ujar warga yang menyaksikan kejadian tersebut kepada kantor berita AFP.

Baca Juga

Nasima al-Sada, warga lainnya, mengatakan, “Seorang pelaku bom meledakkan dirinya di dekat masjid.”

Saksi mata lainnya seperti dikutip Reuters menyebut salah satu ledakan menghancurkan sebuah mobil yang diparkir di dekat masjid Syiah tersebut. Beberapa menit menjelang pukul 19.00 waktu setempat, terjadi ledakan kedua.

“Saat ini sedang memasuki 10 terakhir Ramadhan dan tempat-tempat itu dipadati para jamaah yang melaksanakan shalat maghrib,” tutur kolumnis Saudi Gazette, Khaled Batarfi, kepada Aljazeera.

Sebelum ledakan di Madinah dan Qatif, pada Senin pagi waktu setempat, telah terjadi ledakan di dekat Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Jeddah. Dua orang petugas keamanan terluka, sementara sang pelaku turut meledakkan dirinya dalam peristiwa itu.

Seorang pria dicurigai saat berada dekat parkir Rumah Sakit Dr Sulaiman Faqeeh yang posisinya persis di seberang Konjen AS. Pria tersebut meledakkan dirinya di dalam parker rumah sakit tersebut saat dua petugas keamanan mendekatinya, demikian keterangan pejabat setempat.

Sejauh ini belum diperoleh keterangan siapa pihak yang menjadi pelaku atau dalang peristiwa ledakan tersebut. Juga belum ada kelompok yang mengklaim sebagai pelakunya. (EZ/S/salam-online)

Sumber: Aljazeera

Baca Juga