Turki Tangkap 1.563 Tentara Terlibat Kudeta

Turki Tahan 1.563 Tentara Terlibat KudetaISTANBUL (SALAM-ONLINE): Setidaknya 1.563 tentara ditahan di Turki pada Sabtu (16/7) setelah mereka terlibat dalam upaya kudeta, menurut Kementerian Dalam Negeri.

Kementerian itu juga menangkap beberapa perwira militer, termasuk 5 jenderal dan 29 kolonel.

Presiden Recep Tayyip Erdogan sebelumnya telah mengumumkan bahwa kelompok kecil dalam militer Turki berusaha menggulingkan pemerintah yang sah dan dipilih oleh rakyat.

Pada saat-saat setelah kudeta dilancarkan Jumat (15/7) malam, Erdogan, dalam pesan yang disiarkan televisi meminta rakyat Turki turun ke jalan untuk “memberikan mereka jawaban terbaik”.

Setibanya di Istanbul, Presiden Erdogan mengatakan ia tidak akan meninggalkan Bandara Ataturk sampai situasi di negara itu kembali normal.

Baca Juga

“Turkish Airlines sudah mulai beroperasi. Ada tekanan kecil di Ankara,” kata Erdogan di hadapan kerumunan besar warga yang berkumpul di bandara Ataturk, Istanbul, Sabtu (16/7), sebagaimana dikutip kantor berita Anadolu.

“Tidak ada yang meninggalkan tempat ini di sini sampai situasi kembali normal. Saya juga tidak akan meninggalkan,” katanya.

Setidaknya 90 orang meninggal, baik dari personil polisi dan tentara saat mereka bentrok maupun warga, dan lebih dari 1.000 lainnya terluka saat berlangsungnya upaya kudeta yang gagal itu. (s)

Sumber: Anadolu

Baca Juga