Deklarasi, JITU Bandung Gelar Diskusi ‘Kudeta Turki dalam Bingkai Media’

JITU-1BANDUNG (SALAM-ONLINE): Organisasi profesi jurnalis, Jurnalis Islam Bersatu (JITU) cabang Bandung akan menggelar diskusi bertajuk ‘Kudeta Turki dalam Bingkai Media’ bertempat di Gedung Wakaf99, Jl. Sidomukti no 99H Bandung, Ahad (7/8/2016) pagi.

Ketua panitia diskusi, Maharevin mengatakan diskusi akan dibarengi dengan Deklarasi JITU cabang Bandung.

Menurut Mahar, isu Kudeta Turki cukup membetot perhatian dunia Islam. Sebagai organisasi jurnalis Muslim, JITU juga turut menyimak dan mengupdate situasi di Turki paska kudeta yang gagal itu, khususnya dalam framing pelbagai media, baik media nasional maupun internasional.

“Diharapkan dengan acara ini masyarakat dapat menyaring informasi, mendapatkan informasi yang utuh,” kata Mahar.

“Sebenarnya tak hanya soal isu kudeta Turki yang berpotensi memecah umat, namun juga isu-isu lainnya. Terutama, membidik problematika umat Islam di tengah masyarakat,” lanjutnya.

Ia menilai pembicara yang hadir cukup mumpuni untuk membedah kondisi Turki terkini dan bagaimana pemberitaan dalam media. Ada tiga pembicara yang dihadirkan dalam diskusi ini.

Baca Juga

Pertama, Arya Sandhiyudha, Ph.D, Doktor Politik dan Hubungan Internasional dari Fatih University Turki. Arya membahas kondisi geopolitik, sosial hingga kondisi terkini Turki.

Sementara kajian framing media akan dibahas oleh Maimon Herawati dan M Pizaro.

Maimon merupakan Dosen Prodi Jurnalistik Unpad, Alumnus University of Dundee Scotland. Sedangkan M Pizaro kini menjabat Sekjen JITU dan Redaktur Pelaksana islampos.com, juga peneliti pada lembaga Center for Islamic and Global Studies (CIGS).

JITU Bandung-2“Kami mengundang elemen umat Islam, ormas, komunitas, khususnya insan pers untuk hadir dalam acara ini, juga ke depannya semoga kajian-kajian tentang media dapat rutin diselenggarakan oleh JITU,” pungkasnya. (mw/JITU Bandung)

Baca Juga