Rapat Akbar Rakyat Turki: Tak Hanya Warga, Partai Oposisi pun Dukung Presiden Erdogan

Turki-rapat umum rakyat turki dukung erdogan-2YENIKAPI (SALAM-ONLINE): Tak hanya warga, partai-partai oposisi Turki pun turut memberikan dukungannya kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan. Jutaan orang memenuhi ruas-ruas jalan Istanbul, Turki, pada Ahad (7/8) untuk menunjukkan solidaritas terhadap Presiden Turki Tayyip Erdogan setelah kudeta yang gagal bulan lalu.

Rapat umum di Yenikapi itu dihadiri partai-partai oposisi dengan tujuan yang sama, yakni untuk memberikan dukungan kepada Presiden Erdogan setelah kudeta gagal pada 15 Juli lalu menewaskan lebih dari 270 orang.

Turki-rapat umum rakyat turki dukung erdogan-3Aksi dukungan itu bertujuan untuk menunjukkan persatuan Turki. Karena itulah, Presiden Erdogan menganjurkan kepada rakyatnya agar hanya membawa bendera Turki, bukan panji partai, dalam acara tersebut.

“Di sana kita akan bersatu sebagai satu bangsa, satu bendera, satu tanah air, satu negara, dan satu semangat,” tegas Erdogan seperti dikutip Worldbullein, Ahad (7/8).

“Kita akan melanjutkan jalan dalam solidaritas,” Erdogan melanjutkan. “Kita akan saling mencintai bukan karena pangkat atau jabatan, melainkan karena Allah,” serunya.

Turki-rapat umum rakyat turki dukung erdogan-1Tercatat hadir dalam unjuk rasa dukungan ini, antara lain, para pemimpin partai oposisi seperti Partai Rakyat Republik (CHP) Kemal Kilicdaroglu dan Partai Gerakan Nasionalis (MPH) Devlet Bahceli. Sementara  Partai Demokrasi Rakyat pro-Kurdi atau HDP tidak diundang.

Baca Juga

Uniknya, pada parade besar kali ini juga adalah untuk pertama kalinya, setelah beberapa dekade, partai-partai oposisi utama ikut bergabung dalam unjuk rasa dukungan terhadap pemerintahan Erdogan.

Diberitakan, sekitar 15.000 ribu orang polisi mengamankan rapat umum tersebut.

Turki-rapat umum rakyat turki dukung erdogan-4Penyelenggara menyiapkan panggung 60 meter yang dibungkus bendera nasional raksasa. Rapat umum itu disiarkan melalui layar raksasa di seluruh negeri. Di kota-kota besar, ribuan orang berkumpul untuk menonton. (EZ/salam-online)

Sumber: Worldbulletin, VoaIndonesia

Baca Juga