Berpihak pada yang Benar

Data Terbaru: 21 Ribu Muslim Rohingya Melarikan Diri ke Bangladesh

muslim-rohingya-terpaksa-mengungsi
Muslim Rohingya terpaksa mengungsi

JENEWA (SALAM-ONLINE): Data terbaru menunjukkan sebanyak 21 ribu Muslim Rohingya melarikan diri dari Myanmar (Burma) ke Bangladesh dalam beberapa bulan terakhir setelah adanya upaya genosida (pembantaian dan pembersihan etnis) yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar.

“Diperkirakan 21 ribu warga Rohingya telah tiba di Cox Bazar, Bangladesh sejak 9 Oktober dan 2 Desember lalu,” sebut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) seperti dilansir The Independent, Selasa (6/12).

Pemerintah Myanmar menolak laporan media tentang dugaan tindakan kekerasan oleh pasukan militer terhadap warga Rohingya. Pemerintah Myanmar juga melakukan protes terhadap salah satu pejabat PBB sebelumnya yang mengatakan bahwa negara itu tengah melakukan pembersihan etnis yang merupakan kejahatan internasional.

Sementara lembaga PBB untuk Hak Asasi Manusia menegaskan kemungkinan kejahatan kemanusiaan terhadap warga Muslim Rohingya tengah berlangsung saat ini. Pemerintah Myanmar dinilai telah membiarkan aksi kekerasan dan penindasan terus berlangsung atas etnis Muslim Rohingya di negara tersebut. (EZ/salam-online)

Sumber: The Independent

Anda mungkin juga berminat