Universitas Malaya Anugerahi Doktor Kehormatan untuk Raja Salman

KUALA LUMPUR (SALAM-ONLINE): Di sela-sela kunjungan kenegaraannya ke negeri jiran, Khadimul Haramain Asy-Syarifain Raja Saudi Arabia, Salman bin Abdul Aziz Alu Saud, mendapat anugerah Doktor Honouris Causa (Dukturah Fakhriyah) atau Doktor Kehormatan dalam bidang kesusasteraan (adab) dari Universitas Malaya, Malaysia.

Anugerah tersebut diberikan kepada Raja Salman di hadapan para sivitas akademika dan pejabat Kementeriaan Pendidikan Malaysia, Senin (27/2).

Gelar doktor kehormatan itu diberikan langsung oleh Sultan Perak yang juga menjabat sebagai Rektor Univeritas Malaya, Sultan Nazrin Muizzuddin Syah. Universitas Malaya memandang Raja Salman memiliki kepedulian yang tinggi dalam bidang keilmuan dan kemanusiaan. Penganugerahan yang diberikan oleh universitas yang terletak di kota Kuala Lumpur ini merupakan anugerah doktor kehormatan keenam bagi Raja Salman dari berbagai kampus di dunia.

Sebelumnya, Raja Salman menerima gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Ummul Qura’, Saudi Arabia (2008), Universitas Millia Islamia, India (2010), Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia (2011), Institut Sains dan Teknologi, Sarajevo, Bosnia Herzegovina (2013) dan Universitas Waseda, Jepang (2014).

Dalam sambutannya usai menerima penganugerahan gelar doktor tersebut, Raja Salman seperti dilansir Al Arabiyya.net mengatakan, di antara nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah terhadap umat Islam adalah nikmat ilmu dan pengetahuan, yang tercermin dalam fondasi pembinaan umat.

Baca Juga

“Keberadaan universitas-universitas ini adalah cermin dari kebangkitan bangsa-bangsa. Univeritas mengemban tugas penting dalam mewujudkan pengembangan keilmuan yang komprehensif, memperkokoh kesatuan bangsa dan penguatan dialog,” ujar Raja Salman yang sejak kecil sudah hafizh Qur’an ini.

Raja Salman bin Abdul Aziz memang dikenal sebagai sosok Raja Saudi Arabia yang cerdas dan memiliki kepedulian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Selain dari Universitas Malaya, hari ini, Selasa (28/2), Raja Salman dikabarkan juga akan mendapatkan gelar Doktor Honouris Causa dalam bidang filsafat dari International Islamic University Malaysia.

Malaysia adalah negara pertama yang menjadi tujuan kunjungan kenegaraan dari tujuh negara di Asia yang menjadi mitra kerja sama Saudi Arabia dalam bidang ekonomi dan lain sebagainya. Dalam kunjungannya, negeri kaya minyak itu akan mengucurkan jutaan dollar AS untuk investasi. (Artawijaya/salam-online)

Sumber: Al Arabiyya.net

Baca Juga