Edukasi Konten Positif, Ditjen Bimas Islam Kemenag Gelar Coaching Video Pendek

BOGOR (SALAM-ONLINE): Zaman berubah. Teknologi komunikasi berkembang pesat, melampaui prediksi. Siapa pun kini bisa menjadi penyampai kabar, dalam beragam format (audio, visual, digital) untuk kemudian didistribusikan melalui saluran-saluran yang ada.

Salah satu yang populer kini, media sosial. Film-film pendek tematik berdurasi 30 detik – 2 menit bertebaran. Membetot perhatian penduduk internet alias Netizen, yang mayoritas dihuni oleh segmen usia muda. Mereka yang sejak muncul ke alam dunia, sudah dihadapkan pada atmosfir digital di sekelilingnya.

Muncul istilah “Content is King”. Konten adalah raja. Di tengah arus deras informasi, yang rentan terpapar konten negatif, bagaimana mengemas pesan kebaikan agar menjadi menarik bagi khalayak sasaran?

Inilah kemudian yang menjadi urgensi perhelatan “Coaching Pembuatan Video Pendek” yang digelar Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag Republik Indonesia, Rabu-Jumat, 22-24 Maret 2017.

Dihelat di The Highland Resort, Bogor, seperti dilansir Islamic News Agency (INA)-Kantor Berita yang diinisiasi Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Kamis (23/3), hadir dalam gelaran yang dibuka Kabag Humas, Data, dan Sistem Informasi Ditjen Bimas Islam Kemenag, H. Alatief, MM tersebut 66 partisipan dari Organisasi Massa Islam, Media Islam dan beberapa elemen umat Islam lainnya.

Baca Juga

Media Islam dan asosiasi jurnalis Muslim yang hadir mengutus perwakilannya antara lain: tabloid Alhikmah, Salam-Online.comPanjimas.comHidayatullah.com, Alhikmah.co, NU Online, TV Muhammadiyah, TV MUI, Suara-Islam.Com, Jurnalis Islam Bersatu (JITU) dan lainnya.

Selama 3 hari 2 malam, partisipan akan mendapat Coaching dari nara sumber Tim Film Maker Muslim dan pembekalan program dari Dirjen Bimas Islam Prof Dr H Abdul Djamil, MA, Sekretaris Ditjen Bimas Islam Prof Dr H Muhammadiyah Amien, M.Ag, dan Kabiro Humas, Data dan Informasi Kemenag H Masduki.

Rangkaian acara juga diisi dengan praktik lapangan pembuatan video pendek tematik, seputar isu keislaman, semisal: Akibat Berita Hoax, Tips Menghindari Aliran Sesat, Memakmurkan Masjid, Membina Keluarga Sakinah dan ragam tema lainnya.

Reporter: Habe (INA)

Baca Juga