Hadir di Acara Nobar Film G30S/PKI, Ini Kata Pemeran Soeharto

Amaroso Katamsi saat memerankan Soeharto dalam Film G30S/PKI

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Sejumlah elemen masyarakat menggelar Nonton Bareng (Nobar) dan diskusi Film G30S/PKI di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu (30/9) malam.

Acara ini mendapatkan antusias besar dari masyarakat. Hal itu terlihat dari jumlah warga yang membeludak datang sampai ke halaman masjid.

Beberapa tokoh hadir dalam acara tersebut, salah satunya adalah aktor pemeran mantan Presiden Soeharto dalam film sejarah pemberontakan tersebut,  Amoroso Katamsi. Amoroso hadir sebagai pembicara dalam diskusi.

Nonton bareng (Nobar) Film G30S/PKI, Sabtu (30/9/2017) malam di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. (Foto: MNM/Salam-Online)

Menurut Amaroso, apa yang digambarkan dalam film G30S/ PKI adalah benar dan nyata. Film tersebut, kata dia, mengambil jalan cerita yang sesuai dengan kisah nyata.

“Kalau saya sebagai pemain dan pelaku, dan saya mengalami bagaimana terjadi sebelum (tahun) 1965, saya katakan ini benar,” ujarnya.

Baca Juga

Dia tidak menyangkal bahwa dalam film ada adegan yang skenarionya dramatis. Hal itu dianggap wajar karena film tersebut, kata Amaroso, berbentuk cerita drama, bukan dokumenter.

“Karena, ini fim cerita, bukan dokumenter,” ujarnya.

Soeharto

Terkait dengan kontoversi film tersebut, Amarsono mengungkapkan bahwa terlepas dari itu semua, kejadian pemberontakan yang dilakukan PKI adalah sebuah kenyataan. Literatur dan saksi sejarah pun bisa banyak ditemukan.

“Terjadi suatu peristiwa yang betul-betul kelam, ada enam jenderal yang diculik dan dibunuh (satu lagi ajudan Jenderal AH Nasution, Lettu Pierre Tendean, red) dokumentasi banyak banget, koran banyak yang muat,” ungkapnya. (MNM/Salam-Online)

Baca Juga