Menlu Retno: Indonesia Selalu Ada untuk Palestina

Menlu Retno L Marsudi

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Dalam sesi pemaparannya pada acara diskusi publik yang digelar oleh Fraksi PKS DPR RI hari ini, Rabu (25/20/2017), di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengungkapkan bagaimana Indonesia menempatkan isu Palestina dalam politik luar negerinya.

Hal itu dapat dilihat dari berbagai kesempatan pertemuan internasional di mana Indonesia selalu berupaya mengetengahkan isu kemerdekaan Palestina dari penjajah “Israel”.

“Poin terakhir yang ingin saya sampaikan, kalau kita bicara isu Palestina ada di sini (hati),” ujar Retno disambut gemuruh peserta diskusi untuk menunjukkan dukungannya.

“Isu Palestina selalu ada di hati Indonesia. Setiap politik luar negeri Indonesia selalu ada Palestina. Ini adalah prioritas kami dan akan membawa isu ini (isu Palestina) menjadi isu (tingkat) internasional,” tegas Retno.

Berbagai upaya yang ditempuh Indonesia dalam menjalankan politik luar negeri ‘bela Palestina’ ini dilakukan dalam tingkatan konferensi internasional, seperti Extraordinary Summit on Palestine yang diadakan di Jakarta beberapa waktu lalu. Selain itu, Retno juga mengatakan bahwa Indonesia selalu mengangkat isu Palestina pada setiap kesempatan pidato di tingkat internasional.

“Kita menjadi tuan rumah pada Extraordinary Summit. Kita dengan OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) mengadakan acara ini. Setiap pidato, Indonesia selalu ada (membahas) isu mengenai Palestina,” ucapnya.

Retno juga mengaku memantau perkembangan politik yang terjadi di Palestina, di antaranya adalah rekonsiliasi antara faksi Fatah dan Hamas yang baru saja ditempuh kedua belah pihak. Ia mendukung sepenuhnya upaya tersebut.

Baca Juga

Menurutnya, perjuangan rakyat Palestina dalam mengupayakan kemerdekaan akan jauh lebih kuat apabila kedua kelompok besar di Palestina tersebut menyatukan visi politiknya.

“Yang kita harapkan selalu ada perkembangan rekonsiliasi Hamas dan Fatah. Unity of Palestine akan membuat Palestina lebih kokoh dalam perjuangannya,” tandasnya.

Menlu Retno kemudian mengakhiri sambutannya itu dengan mengatakan bahwa Indonesia akan terus berupaya memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Menter Luar Negeri Retno Marsudi (kedua dari kiri) usai Diskusi Publik ‘Ambassador Talks: Gerakan Kemanusiaan, Terorisme dan Implikasinya pada Politik Global’, Rabu (25/10/2017), bersama perwakilan Uni Eropa, Dubes Rusia, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dan anggota Komisi I Dr Sukamta di Ruang Fraksi PKS Gedung DPR, Senayan, Jakarta. (Foto: al-Fath/Salam-Online)

Ungkapannya itu pun disambut antusias dukungan dari sejumlah anggota DPR yang hadir pada ruangan itu, hingga membuatnya cukup kaget mendengarnya.

“Satu hal yang pasti, Indonesia akan selalu ada untuk Palestina. Ini yang terus kita dorong,” ucap Retno. (al-Fath/Salam-Online)

Baca Juga