Prihatin dengan Krisis Melanda Negeri, Mahasiswa Muslim Malang Deklarasikan ‘Formasalam’

MALANG (SALAM-ONLINE): Hari ini negeri titipan Sang Rahman ini sedang mengalalami krisis Nasional, sehingga sudah jauh bergeser dari Khittah para pendirinya. Islam menerangkan tatkala suatu urusan diberikan kepada yang bukan ahlinya maka tunggu kehancurannya.

Berangkat dari persoalan dan keprihatinan di atas yang melanda negeri ini, Mahasiswa Muslim di Malang, Jawa Timur, mendeklarasikan berdirinya Forum Gerakan Mahasiswa Islam yang disingkat Formasalam, tepat pada Hari Sumpah Pemuda yang ke-89, Sabtu, 28 Oktober 2017 (7 Shafar 1439 H).

“Kami sebagai Mahasiswa Muslim memiliki kewajiban tanggung jawab sosial serta moral untuk kembali menegaskan serta menajamkan peran kami sebagai Mahasiswa Muslim untuk terlibat memberikan solusi konkret bagi penyelesaian persoalan tersebut,” kata Lutfi Rizal Habibulhaq dari Divisi Media Formasalam dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Sabtu (28/10).

Dia menjelaskan, pembentukan Formasalam dilandasi pada kepedulian yang mendalam terhadap krisis nasional dan berbagai permasalahan yang mendera Negeri ini.

Selain itu, kata dia, berdirinya Formasalam juga tak terlepas dari penderitaan umat yang masih terus berlangsung. Maka dari itu, didorong niat Ikhlas untuk merawat negeri ini, melakukan ikhtiar gerakan untuk proses perbaikan dan perubahan, Formasalam dan segenap Mahasiswa Muslim yang berkumpul di tempat ini mendeklarasikan lahirnya Forum ini.

Selanjutnya, ujar Lutfi, Formasalam menegaskan diri, pertama, sebagai gerakan organisasi yang bersifat Independen yang tidak terafiliasi dengan gerakan serta kepentingan pragmatis  apapun.

Baca Juga

Kedua, mengkader para mahasiswa/i menjadi Agent of Change yang Religius dan berintegritas.

“Ketiga, lahirnya Formasalam adalah bagian dari Ikhtiar gerakan Kami untuk menjawab krisis kepemimpinan Nasional,” ujarnya.

Keempat, ia melanjutkan, Formasalam berkontribusi dalam memperbaiki dekadensi moral yang mendera generasi bangsa.

Kelima, kata Lutfi, Formasalam melahirkan Kader Mahasiswa yang Memiliki Intelektual serta Idealisme tinggi sehingga mampu menjadi batu bata peradaban untuk menyongsong fajar kejayaan Islam yang segera dalam genggaman.

“Keenam, Formasalam menjadi  bagian tak terpisahkan dari Rakyat dan akan tetap berikhtiar untuk memberikan yang terbaik bagi agama, bangsa serta rakyat negeri ini,” pungkasnya.

Baca Juga