Ratna Sarumpaet Minta Rakyat Indonesia Tolak Reklamasi yang Untungkan Asing


Ratna Sarumpaet

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet meminta seluruh elite politik serta rakyat Indonesia agar menolak reklamasi yang untungkan asing. Ia melihat proyek pembangunan reklamasi Teluk Jakarta akan membahayakan masyakarat.

“Seluruh rakyat Indonesia harus menolak reklamasi. Pembangunan reklamasi itu tanpa izin, kita tolak itu. Jika proyek dilanjutkan maka akan membahayakan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Ratna kepada Salam-Online, Jum’at (20/10).

Ratna mengibaratkan proyek reklamasi seperti gelas berisi air yang di dalamnya dimasukkan pasir. Maka dalam jangka waktu yang panjang akan segera membahayakan masyarakat banyak.

“Coba bayangkan air di gelas diisi pasir, nah reklamasi ya seperti itu. Itu sangat berbahaya. Yang anehnya kok pemerintah mengabaikan bahaya itu, bahkan pemerintah mengiklankan hingga ke luar negeri,” tegas penulis naskah sekaligus sutradara ini.

Untuk itu, ibu empat anak ini mengatakan bangsa Indonesia harus berani menolak proyek reklamasi yang untungkan asing.

“Kita harus dengan keras menolak proyek reklamasi. Reklamasi dibentuk hanya untuk para pengembang, bukan untuk rakyat,” ujar Ratna. (EZ/Salam-Online)