Walhi Dukung Anies-Sandi Tolak Reklamasi Teluk Jakarta


Direktur Eksekutif Walhi DKI Jakarta Puput TD Putra

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) DKI Jakarta Puput TD Putra meminta Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan untuk memegang komitmennya menolak dan membatalkan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

“Melihat dari sisi perspektif Pilkada, pasti publik akan menagih janji-janji yang pernah disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menolak proyek reklamasi. Kami bersama para nelayan akan terus mengawal persoalan ini hingga tuntas,” ujar Puput kepada Salam-Online, Rabu (18/10/2017).

Puput menegaskan apa pun risikonya yang akan dihadapi, Walhi bersama para nelayan akan berjuang agar reklamasi tidak diteruskan untuk keberlangsungan para nelayan di sekitar teluk Jakarta.

“Apa pun risikonya, jika Anies-Sandi menolak (reklamasi) maka kami akan mendukung, karena melihat dari perspektif lingkungan, itu sangat bermasalah. Di situ sudah jelas ada pelanggaran HAM berat dan pelanggaran lingkungan,” kata Puput.

Menurutnya, jika reklamasi dilanjutkan akan ada dampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat yang tinggal di daerah Teluk Jakarta.

“Masyarakat akan tersingkir dari ruang hidupnya di Teluk Jakarta. Ada kerusakan ekologi. Kerusakan itu dampaknya bukan hanya di Jakarta. Material untuk reklamasi akan berdampak lintas provinsi jika diteruskan,” terangnya. (EZ/Salam-Online)