Alumni Perguruan Tinggi di Indonesia Deklarasikan Forum Tolak Reklamasi

Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi dipimpin ketuanya, Akhmad Syarbini, mendeklarasikan penolakan reklamasi Teluk Jakarta. (Foto: MNM/Salam-Online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Alumni Perguruan Tinggi di Indonesia mendeklarasikan gerakan tolak reklamasi yang dinamakan Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Tolak Reklamasi atau Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi, di Muara Kamal, Jakarta, Kamis (16/11/2017) sore.

Alumni Perguruan Tinggi itu berasal dari sejumlah kampus di Indonesia seperti ITB, IPB, ITS, UI, Universitas Andalas, Unhas, UGM, UII, Universitas Brawijaya, Universitas Tadulako, Unisba dan Unpad.

Dibentuknya forum tersebut bermula dari rasa keprihatinan para alumni perguruan tinggi terkait reklamasi yang mengabaikan aspek Hukum, Teknologi, Lingkungan Hidup Sosial, Ekonomi, Budaya, Poltik, Pertahanan dan Kemanan Nasional.

Para akademisi itu juga mengatakan bahwa tindakan pengabaian yang dilakukan dapat mengancam kedaulatan bangsa dan negara.

Baca Juga

“Mengingat Jakarta sebagai Ibu kota negara, maka tindakan pengabaian dan pelanggaran tersebut dapat mengancam Kedaulatan Bangsa dan Negara,” ungkap Ketua Forum Alumni PETISI Tolak Reklamasi, Akhmad Syarbini.

Oleh karenanya, menurut Syarbini yang juga Alumnus ITB itu, pihaknya akan melakukan berbagai upaya untuk menolak reklamasi.

“kami bertekad melakukan berbagai upaya sesuai ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk berperan serta menolak reklamasi di Teluk Jakarta,” kata Syarbini.

Selain itu, deklarasi juga dihadiri oleh masyarakat Kamal Muara yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Warga Kamal Muara, adalah komunitas yang merasakan langsung dampak dari reklamasi, karena posisi pulau reklamasi yang tidak jauh dari permukiman dan tempat pencaharian mereka. (MNM/Salam-Online)

Baca Juga