Ini Solusi AMJU untuk Lahan Reklamasi Jika Dihentikan

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Aliansi Masyarakat Jakarta Utara (AMJU)  memiliki solusi jika memang proyek reklamasi dibatalkan. Menurut Ketua AMJU, Zamran, jika memang terpaksa tidak dapat dibongkar, lahan reklamasi alangkah baiknya dijadikan kampung nelayan.

“Saya jawab alangkah baiknya itu dijadikan perkampunga nelayan yang bisa menghidupkan dan mensejahterakan nelayan di Jakarta Utara,” ungkap Zamran saat menghadiri peluncuran Posko Darurat Reklamasi oleh DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2017) malam.

Zamran mengatakan, sisa dari lahan yang digunakan untuk kampong nelayan, bisa juga dijadikan komplek Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta.

“Sisanya dijadikan perumahan PNS. Kebanyakan (PNS) tinggal di Bekasi dan di Tangerang, jauh,” kata dia.

Selain itu, lahan reklamasi yang terlanjur dibangun juga bisa digunakan untuk markas TNI Angkatan laut. Hal itu lebih baik, menurutnya, ketimbang dikelola oleh swasta.

Baca Juga

Pengelolaan proyek reklamasi yang menurutnaya bermasalah itu, sangat bisa membahayakan pertahanan dan keamanan.

“Kalau bisa kita jadikan markas angkatan laut. Atau khusus untuk pertahanan Indonesia,” harap Zamran.

Kendati demikian menurut Zamran yang juga Ketua Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jakarta Utara itu, pihaknya tetap menolak proyek reklamasi diteruskan. Solusi yang ditawarkan adalah jika memang lahan rekmalasi tidak dimanfaatkan setelah distop. (MNM/Salam-Online)

Baca Juga
awefawef76376