Berpihak pada yang Benar

13 Pesawat tak Berawak Serang Pangkalan Udara Rusia di Suriah

SALAM-ONLINE: Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan sebuah pernyataan pada Senin (8/1/18) bahwa kelompok militan yang tak dikenal dengan menggunakan 10 pesawat tak berawak dan bersenjata canggih (UAV) menyerang pangkalan udaranya, Hmeimim, yang terletak di dekat kota Latakia, Suriah, dan tiga lainnya menarget fasilitas angkatan laut di Tartus.

Dikatakan, tidak ada korban jiwa atau kerusakan akibat serangan terhadap pangkalan udara milik Rusia tersebut, termasuk fasilitas angkatan laut Tartus.

Dalam pernyataannya seperti dikutip Orient-News, Selasa (9/1/) Kemenhan Rusia menyatakan, militer negara beruang merah itu mampu mengalahkan sinyal radio untuk beberapa pesawat tak berawak dan menguasai keadaan selama serangan pada 5-6 Januari lalu itu.

Ketika para ahli militer Rusia memeriksa perangkat yang dikendalikan oleh remote, mereka mengatakan telah menggunakan teknologi yang hanya bisa dipasok dari salah satu sejumlah negara.

Namun kementerian tersebut juga mengatakan bahwa salah satu helikopter militernya jatuh di Suriah pada 31 Desember 2017 lalu karena “kerusakan teknis” menyababkan kedua pilotmya tewas.

Keterlibatan Rusia sendiri di Suriah, terutama pada tahap awal, oleh pejabat di negara-negara Barat dikatakan, lebih fokus kepada kelompok oposisi yang ingin menggulingkan Asad daripada menyerang militan IS. (S)

Sumber: Orient-News

Baca Juga