Kajian Muhammadiyah Pandeglang: Perlu Peran Masyarakat untuk Wujudkan Politik Beradab

Ahmad Munawar. (Foto: Yogi Iskandar)

PANDEGLANG (SALAM-ONLINE): Pemilu ideal dan bermartabat dapat diwujudkan jika ada kepedulian semua elemen masyarakat untuk berperan aktif, termasuk di dalamnya Ormas Islam seperti Muhammadiyah. Terlebih, Muhammadiyah adalah organisasi terbesar di Indonesia.

Demikian diungkapkan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Banten, Ahmad Munawar dalam kajian rutin bidang politik yang digagas Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pandeglang di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Ahad (7/1/18).

“Pemilu sebagai sarana sirkulasi elite yang legal untuk mengisi jabatan publik di pemerintahan, yang akan menentukan arah kebijakan publik untuk kepentingan masyarakatnya, maka dalam pelaksanaannya mesti berjalan ideal,” kata Munawar.

Baca Juga

Menurut Munawar, Idealitas bisa diwujudkan jika elemen masyarakat berkomitmen dalam menentukan pilihan pada elite politik yang akan dipilih, dengan tidak didasari sesuatu yang pragmatis.

“Salah satunya mampu menolak politik uang. Sikap ini yang kita perlukan. Pilihan mesti didasari nurani atas nilai-nilai moral, integritas dan kualifikasi elite,” ujar Munawar

Ia berharap, warga Muhammadiyah Pandeglang bisa menjadi pelopor mewujudkan dinamika politik kebangsaan yang beradab di daerah, serta berperan aktif mengawal dan memberi sumbangsih pemikiran untuk mewujudkan pemilu yang dicita-citakan. (Yogi Iskandar)

Baca Juga