Tentara Bayaran Rusia Tewas di Idlib Suriah

IDLIB (SALAM-ONLINE): Seorang tentara bayaran Rusia berusia 26 tahun tewas di provinsi Idlib, Suriah utara, blog dan situs Rusia melaporkan sebagaimana dilansir Orient-News, Kamis (18/1/18).

Situs ‘Vtomske’ Rusia tersebut melaporkan dari blog ‘El Murid’ di Livejournal bahwa Nikolai Tikhonovich, yang bekerja di perusahaan swasta milik militer, Wagner (PWC), tewas pada 21 Desember 2017 lalu, dalam pertempuran sengit di medan perang Idlib.

Vtomske juga melaporkan dari blog lain di Livejournal bahwa Tikhonovich, penduduk asli kota Strezhevoy di wilayah Tomsk, terbunuh dalam serangan mortir di Idlib.

Tikhonovich, 26 tahun, juga bergabung dengan milisi Rusia, dalam formasi bersenjata ilegal, untuk mengepalai revolusi Ukraina pada 2014, selama perang Donbas di Ukraina timur.

Sebelumnya pada 2017, dua orang Rusia—Grigory Tsurkanu dan Roman Zabolotny—ditawan oleh ISIS. Keduanya dilaporkan oleh situs ‘Tim Intelijen Konflik’ Ukraina, bekerja untuk ‘Wagner PWC’.

Baca Juga

Keberadaan ilegal ‘Wagner PWC’ berulang kali dilaporkan pada ‘Tim Intelijen Konflik’ ditolak oleh kementerian pertahanan Rusia dan departemen resmi Rusia lainnya.

Sekitar 1.500-2.000 tentara bayaran, setengah dari jumlah militer resmi Rusia di Suriah, diperkirakan berada di dalam wilayah negara yang dilanda perang ini sejak Putin mengumumkan operasi militer pada September 2015 lalu, Times melaporkan.

Times juga mengonfirmasi, setidaknya 150 anggota unit Wagner tewas di Suriah dalam pertempuran yang dipimpin Rusia untuk mendukung rezim Asad. (S)

Sumber: Orient-News

Baca Juga