Turki Protes, Ada Teroris Pro Rezim Asad di Kongres Nasional Suriah

SOCHI (SALAM-ONLINE): Turki pada Selasa (30/1/18) memprotes ada seorang teroris pro rezim Asad terlihat di antara peserta Kongres Nasional Suriah di Sochi, Rusia, kata sumber diplomatik, kantor berita Anadolu melaporkan Selasa (30/1).

Delegasi resmi Turki melihat Mihrac Ural, pemimpin THKP-C, milisi pro rezim Suriah, pada kongres tersebut, menurut sumber, yang meminta tidak disebutkan namanya.

Delegasi Kementerian Luar Negeri Turki dilaporkan meminta penjelasan Kementerian Pertahanan dan Luar Negeri Rusia.

Delegasi itu menyatakan ketidaknyamanan mereka atas kehadiran teroris dalam pertemuan di kota Laut Hitam Rusia tersebut, karena dia tidak termasuk dalam daftar delegasi yang diundang.

Merespons hal itu, pejabat Rusia mengatakan mereka akan segera menyelidiki masalah ini dan melaporkannya kembali, sumber itu menambahkan.

Baca Juga

Turki mencatat aksi teror Ural terkait serentetan serangan pada Mei 2013 di kota Reyhanli di provinsi Hatay selatan Turki yang menyebabkan 52 orang terbunuh.

Negara penjamin dalam proses perdamaian Suriah, Rusia, Iran dan Turki, telah sepakat untuk kembali menggelar pembicaraan damai soal Suriah di Sochi pada Senin dan Selasa (30/1).

Turki berulang kali menegaskan bahwa sementara semua elemen masyarakat Suriah akan diundang dalam kongres, namun tidak ada teroris atau kelompok teroris yang diizinkan untuk ikut. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga