Prancis Akan Serang Suriah Jika Rezim Asad Terbukti Gunakan Senjata Kimia

PARIS (SALAM-ONLINE): Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa dia akan memerintahkan militernya menyerang Suriah jika terbukti rezim Basyar Asad menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil di negara itu.

Berbicara kepada wartawan di Istana Elysee, Selasa, sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Rabu (14/2/18), Macron mengatakan penggunaan senjata kimia terhadap warga sipil di Suriah adalah “garis merah” Prancis.

Dia mengatakan pasukan keamanan Prancis sejauh ini belum mendapatkan bukti adanya penggunaan senjata kimia terhadap penduduk sipil. Macron menegaskan, pihaknya “dengan serius mengikuti” perang di negara tersebut.

Pada Jumat lalu Macron melakukan pembicaraan melalui telepon kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia meminta Putin untuk mendesak rezim Asad agar “mengakhiri memburuknya situasi di Ghouta Timur dan Idlib”.

Baca Juga

Suriah dilanda perang sejak Maret 2011, ketika rezim Basyar Asad menghadapi demonstrasi  dengan aksi kekerasan yang tak terduga. PBB mengatakan ratusan ribu orang terbunuh dalam konflik yang sudah mendekati 7 tahun tersebut. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga