Lepas Landas dari Pangkalan Udara Khmeimim, Jet-jet Tempur Rusia Bantai 42 Warga Sipil Suriah

Ilustrasi: Jet-jet tempur Rusia menyasar wilayah-wilayah oposisi Suriah

IDLIB (SALAM-ONLINE): Jet-jet tempur Rusia melancarkan serangan udara di sebuah distrik Provinsi Idlib, Suriah, Kamis (22/3/2018), merenggut nyawa 42 warga sipil dan melukai 72 lainnya. Jumlah korban terbunuh ini semula 20 orang, kemudian bertambah menjadi 42 yang kesemuanya warga sipil, termasuk anak-anak.

Direktur Badan Pertahanan Sipil White Helmets, Mustafa Haj Yousuf, mengatakan kepada Anadolu Agency, Kamis (22/3) malam bahwa 42 warga sipil terbunuh dan 72 lainnya terluka dalam serangan udara Rusia yang menyasar pasar di Harim, Idlib.

Tim pertahanan sipil White Helmets melakukan operasi pencarian dan penyelamatan terhadap para korban.

Menurut sumber-sumber oposisi, pesawat-pesawat tempur itu lepas landas dari Pangkalan Udara Khmeimim di provinsi Latakia Suriah dan melakukan beberapa serangan udara di dan sekitar distrik itu.

Dalam dua pekan terakhir, setidaknya 98 orang telah terbunuh, 134 lainnya terluka oleh serangan udara di wilayah-wilayah yang dikuasai oposisi di Provinsi Idlib dan Hama.

Baca Juga
Relawan Badan Pertahanan Sipil Suriah, White Helmets, melakukan evakuasi terhadap korban terbunuh dan luka-luka setelah serangan udara jet-jet tempur Rusia di Pasar Harim, Provinsi Idlib, Kamis, 22 Maret 2018

Negara ini masih terkungkung dalam konflik dahsyat yang dimulai sejak Maret 2011 ketika rezim Basyar Asad menghadapi warga Suriah dengan kekerasan yang tak terduga saat mereka menggelar demonstrasi menginginkan perubahan di negaranya.

Menurut PBB, sekitar setengah juta orang terbunuh dalam konflik yang tengah memasuki tahun kedelapan ini. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga