Manuver AS di Suriah: Promosikan Parpol Dukungannya di Wilayah Teror YPG/PKK

HASAKAH (SALAM-ONLINE): Sebuah partai politik baru bernama “Syria’s Future” (Masa Depan Suriah) telah diluncurkan di beberapa daerah utara Suriah yang diduduki oleh kelompok teror YPG/PKK, sebagai bagian dari manuver Amerika Serikat (AS).

Menurut sumber di Provinsi Al-Hasakah sebagaimana dilansir Kantor Berita Turki Anadolu Agency, Rabu (28/3/2018), pejabat AS membantu mendirikan partai tersebut pada kongres yang digelar di Al-Hasakah.

Menurut sumber tersebut, Pejabat AS baru-baru ini dilaporkan telah membahas peluncuran partai baru itu dalam pertemuan dengan anggota YPG/PKK.

Pada kongres Selasa (26/3), Ibrahim al-Qaftan diangkat menjadi ketua partai. Al-Qaftan sendiri sebelum konflik Suriah meletus pada 2011, telah menjadi anggota Partai Ba’ath Suriah di Manbij.

Al-Qaftan mulai bekerja sebagai presiden dewan lokal Manbij setelah kabupaten tersebut diduduki oleh kelompok teror YPG/PKK.

Hefrin Halaf, yang bergabung dengan YPG/PKK pada 2016, terpilih sebagai sekretaris jenderal partai baru “Syria’s Future” tersebut.

Menjawab pertanyaan terkait partai baru pimpinan Al-Qaftan, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert pada Selasa mengatakan, “Kami akan menyambut setiap pihak yang berkomitmen untuk Resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 2254.”

Baca Juga

Nauert menambahkan, “Parta baru Suriah itu adalah perwakilan multi-etnis dan dari orang-orang yang tinggal di daerah tersebut.”

“Syria’s Future” juga disebut-sebut memiliki 81 anggota dewan eksekutif partai, termasuk perwakilan dari Raqqah, Tal Abyad, Ayn al-Arab (Kobane), Deir ez-Zor, Manbij, Afrin, Idlib dan Aleppo.

Tidak seperti organisasi lain yang diluncurkan oleh YPG/PKK, “Syria’s Future” tidak memiliki seorang wakil presiden.

Anggota dewan eksekutif partai tersebut diambil dari jajaran kelompok teror YPG dan PKK. Sementara Struktur administrasi YPG/PKK di Suriah sendiri terdiri dari tiga “wilayah” dan enam “Provinsi”. (MNM/Salam-Online)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga