Militer Turki: Pusat Kota Afrin di Suriah Terkendali

AFRIN (SALAM-ONLINE): Militer Turki mengatakan pada Ahad (18/3/2018) bahwa pihaknya telah menguasai sepenuhnya pusat kota Afrin di Suriah barat laut.

“Pusat kota Afrin di Suriah dikendalikan oleh Angkatan Bersenjata Turki dan tentara pembebasan Suriah,” kata Staf Umum Militer Turki di akun Twitter resminya, Ahad (18/3), Kantor Berita Anadolu melaporkan

Sementara operasi pencarian ranjau dan alat peledak sedang berlangsung, tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa pasukan Turki dan oposisi Suriah menguasai sepenuhnya pusat kota pada Ahad pukul 08.30 pagi waktu setempat.

Seperti diketahui, sejak 20 Januari 2018 Turki meluncurkan Operation Olive Branch untuk menumpas kelompok teror YPG/PYD/PKK dukungan AS yang juga didukung rezim Basyar Asad serta Daesh dari Afrin.

Baca Juga

Menurut Staf Umum Militer Turki, operasi tersebut bertujuan untuk membangun keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut serta melindungi Suriah dari kekejaman dan penindasan teroris.

Operasi tersebut dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, resolusi Dewan Keamanan PBB, hak pembelaan diri berdasarkan piagam PBB, dan penghormatan terhadap integritas wilayah Suriah, katanya.

Militer juga mengatakan bahwa hanya target teroris yang dihancurkan dan operasi “sepenuhnya memperhatikan” keselamatan warga sipil. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga