Warga dan Oposisi Suriah Minta Turki Perluas Operasi Militernya ke Aleppo Utara

Unjuk rasa warga dan oposisi Suriah, Senin, 26 Maret 2018, meminta Turki memperluas operasi militernya ke Kota Tal Rifaat, Aleppo utara. (Foto: Anadolu Agency)

AZAZ (SALAM-ONLINE): Penduduk Tal Rifaat di Aleppo utara dan para anggota Tentara Pembebasan Suriah (FSA) meminta Turki untuk membantu membebaskan tanah mereka dari kelompok teror YPG/PKK.

Sekitar 500 orang, termasuk warga sipil dan anggota FSA, meminta Turki untuk memperluas ‘Operasi Ranting Zaytun’ ke Kota Tal Rifaat, Aleppo utara, lansir Kantor Berita Anadolu, Selasa (27/3/2018)

Seperti diketahui, Turki meluncurkan ‘Operation Olive Branch’ sejak 20 Januari untuk membebaskan Afrin di Suriah barat laut dari kelompok-kelompok teror, di tengah meningkatnya ancaman di kawasan itu.

Pada 18 Maret lalu, operasi militer Turki dan FSA itu berhasil menguasai sepenuh nya wilayah Afrin. Oleh karenanya, warga Suriah dan FSA, Senin (26/3/2018) menggelar aksi demonstrasi untuk meminta Turki agar meneruskan operasinya ke Kota Tal Rifaat, Aleppo utara.

Mereka meneriakkan slogan-slogan melawan kelompok teror YPG/PKK dan mengucapkan terima kasihnya kepada Turki atas operasinya di wilayah Afrin.

Membawa bendera Turki dan FSA, mereka juga memegang spanduk yang bertuliskan: “Kami menantikan operasi di Tal Rifaat dari FSA yang didukung oleh Angkatan Bersenjata Turki”.

Pada awal 2016, YPG/PKK menggunakan dukungan udara intens dari Rusia pada saat hubungan dengan Turki tegang. Mereka memiliki kesempatan untuk menyebar ke tenggara dari Afrin.

Baca Juga

Selama menginvasi Tal Rifaat, YPG/PKK memaksa sekitar 250.000 orang Arab keluar dari kota tersebut. Penduduk kota mencari perlindungan di Azaz yang bersebelahan dengan daerah Perisai Eufrat yang berada di bawah kendali oposisi.

Para teroris mulai mengakomodasi keluarga Kurdi di Tal Rifaat yang mereka bawa dari Afrin. Saat ini, sekitar 15.000-20.000 suku Kurdi dan Arab tinggal di distrik tersebut. Namun hanya 700-800 warga Arab yang tinggal di Tal Rifaat.

Aksi yang digelar warga dan oposisi Suriah, Senin (26/3/2018), meminta Turki membantu membebaskan wilayah mereka dari kelompok teror YPG/PKK. (Foto: Anadolu Agency)

Saat berbicara di Kongres Provinsi Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) ke-6 di Provinsi Laut Hitam, Turki, Ahad (25/3) lalu, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan, “Insya Allah, kami akan mencapai tujuan operasi ini dengan mengambil alih Tal Rifaat dalam waktu singkat.”

Pada Sabtu (24/3), warga Suriah di Tal Rifaat juga menggelar unjuk rasa untuk meminta operasi militer Turki di wilayah mereka: membebaskan kelompok teror YPG/PKK dari kota tersebut. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga