Bertemu Erdogan, di Turki Anies Baswedan Berikan Kuliah Umum di Universitas Bahcesehir

Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan melakukan kunjungan ke Maroko. Dari Maroko, Anies yang memberikan kuliah umum di Universitas Hasan II, Casablanca, Kamis (19/4/2018), dia meneruskan lawatannya ke Turki. Di Turki, Anies bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pada Jumat (20/4/2018) kemarin Gubernur Anies dan Presiden Erdogan melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Ayyub Al-Anshari. Sebagaimana di Maroko, Anies Dia juga memberikan kuliah umum di Universitas Bahcesehir, Istanbul, Jumat (20/4), mengenai Indonesia umumnya dan Jakarta secara khusus, termasuk kota cerdas (smart city).

Smart City, saat di Casablanca (Maroko) saya juga memaparkan, terkait kolaborasi dan co-creator warga terhadap pembangunan. Dari City 2.0 yang sekarang menjadi City 4.0, dan ini dilakukan teknologi sebagai enabler, di sinilah peran sebagai smart city sangat penting,” ungkap Anies.

Ia menilai bagaimana teknologi bisa menjadikan warganya sebagai kolaborator, serta kedekatan dan kolaborasi warga yang berpartisipasi dalam pembangunan.

Baca Juga
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat memberikan kuliah umum di Universitas Hasan II Casablanca, Maroko, Kamis (19/4/2018). (Foto: Susylo Asmalyah/Antara)

Anies juga mengharapkan Pemerintah Turki dapat berinvestasi di Indonesia dan bertukar pikiran tentang Indonesia.

“Bertemu akademisi itu mengasyikkan, pertanyannya tajam-tajam. Saya merasa seperti sedang ujian doktoral lagi,” kata Anies saat menutup kuliah umum yang berlangsung selama dua jam tersebut. (*)

Sumber: Antara

Baca Juga