62 Demonstran Palestina Gugur, Turki Gelar Pertemuan Darurat OKI

PM Turki Binali Yildirim

ANKARA (SALAM-ONLINE): Perdana Menteri Turki Binali Yildirim, Selasa (15/5/2018) mengundang rekan-rekannya dari lima negara untuk bergabung dalam pertemuan darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) terkait pembantaian warga Palestina di perbatasan Jalur Gaza.

Sumber Perdana Menteri Turki menegaskan bahwa Yildirim melakukan percakapan telepon dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wazed, Saadeddine Othmani (Maroko), Shahid Khaqan Abbasi (Pakistan), Abdullah bin Nasir es-Sani (Qatar) dan Ahmed Ouyahia (Aljazair) terkait aksi kekerasan penjajah “Israel” terhadap demonstran Palestina.

Yildirim seperti dilansir kantor berita Anadolu, Selasa (15/5), mengundang rekan-rekannya itu untuk bergabung dalam KTT darurat OKI yang akan diadakan di Istanbul pada Jumat 18 Mei mendatang.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, setidaknya 62 demonstran Palestina gugur menjadi “martir” oleh tembakan mematikan pasukan penjajah Zionis, Senin (14/5) di Jalur Gaza.

Ribuan warga Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza sejak Senin pagi dalam unjuk rasa yang ditujukan untuk memperingati 70 tahun hari Nakba (Bencana) dan memprotes pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Sejak demonstrasi dimulai pada 30 Maret lalu, lebih dari 100 demonstran Palestina telah gugur oleh tembakan penjajah “Israel” di perbatasan Jalur Gaza, kata Kementerian Kesehatan Palestina.

Unjuk rasa mencapai puncaknya pada Selasa (15/5) dalam peringatan 70 tahun pembentukan secara ilegal “negara Israel”—sebuah acara yang disebut oleh warga Palestina sebagai “Nakba” atau “Bencana”. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga