Himpun Kekuatan, 11 Kelompok Oposisi Suriah Bentuk Front Baru

IDLIB (SALAM-ONLINE): Sebelas kelompok oposisi yang berperang melawan rezim Basyar Asad di Suriah membentuk aliansi baru di provinsi Idlib, Senin (28/5/2018).

Sumber kelompok tersebut mengungkapkan bahwa mereka membentuk aliansi baru dengan nama ‘National Front for Liberation’ (Front Nasional untuk Pembebasan) yang menghimpun sekitar 30.000 anggota pasukan.

“Tujuan dari formasi baru adalah untuk menyatukan komponen Tentara Pembebasan Suriah (FSA) di provinsi Idlib, Suriah, di bawah satu atap,” kata sumber formasi baru tersebut di media sosial, kantor berita Anadolu Agency melaporkan.

Kesebelas kelompok oposisi yang bergabung itu adalah: Legion Sham, Jaysh al-Nasr, Tentara Pembebasan Idlib, Divisi Costal ke-1, Divisi Costal ke-2, Divisi ke-1, Angkatan Darat ke-2, Tentara Elit, Shuhada al-Islam Darayya, Brigade Al-Hurriyat dan Divisi ke-23.

Semua kelompok itu beroperasi di Idlib dan bagian utara Hama di bawah Tentara Pembebasan Suriah.

Baca Juga

Komandan Legion Sham, Fadil Allah al-Hajji, menjadi pemimpin front, sementara Suhaib Layyush dari Jaysh al-Nasr ditunjuk sebagai wakilnya.

Dengan formasi baru ini, kelompok oposisi menciptakan salah satu kelompok militer terbesar di Suriah untuk memerangi rezim Asad, menghimpun hampir 30.000 anggota front. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga