Prancis Beri Dukungan Artileri terhadap Kelompok Teror di Suriah

DEIR EZ-ZOR (SALAM-ONLINE): Pasukan khusus Prancis telah membentuk enam rangkaian deretan artileri di sebuah daerah yang dikuasai kelompok teror YPG/PKK di dekat perbatasan Suriah dengan Irak, menurut sumber-sumber lokal sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Ahad (20/5/2018).

Sumber-sumber tersebut mengatakan bahwa pasukan Prancis, yang mendukung kelompok teror di Suriah, telah membangun rangkaian deretan artileri di utara desa Baguz, provinsi Deir ez-Zor.

Pasukan Prancis baru-baru ini juga telah meningkatkan kehadiran mereka di beberapa daerah yang dikuasai YPG/PKK di Suriah, termasuk Manbij, al-Hasakah, Ayn Issa dan Raqqah.

Pada Maret 2018 lalu, para pemimpin Pasukan Demokratik Suriah (SDF)—bentukan AS dan YPG—yang merupakan sayap bersenjata kelompok teror PKK/PYD di Suriah—bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris.

Media Perancis kemudian melaporkan bahwa Prancis telah berjanji untuk mengirim pasukan ke wilayah Manbij yakni di utara Suriah dengan tujuan mendukung SDF.

Dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki dan Uni Eropa, PKK (Partai Pekerja Kurdistan) telah melancarkan aksi teror yang masif terhadap negara Turki sejak pertengahan 1980-an. Aksi teror lebih dari 30 tahun itu membunuh sekitar 40.000 orang. (MNM/Salam-Online)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga