Ekspatriat Indonesia di Malaysia Lakukan Aksi Beli Mata Uang Turki

Para ekspatriat Indonesia di Malaysia menggelar aksi beli Lira di Kuala Lumpur, Malaysia pada Ahad 19 Agustus 2018 untuk mendukung perekonomian Turki yang mendapat “serangan” dari AS. (Foto: Anadolu Agency)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Sejumlah ekspatriat Indonesia di Malaysia melakukan aksi beli mata uang Turki, Lira, pada Ahad (19/8/2018). Ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap pelemahan mata uang tersebut terhadap dolar AS.

Mereka membeli mulai dari pecahan 50 Lira hingga 100 Lira.

Seorang ekspatriat bernama Budi Syahbirin mengaku membeli Lira sebagai bentuk solidaritas terhadap Turki yang merupakan negara Muslim.

“Lira Turki sedang turun nilainya, jadi saya perlu support supaya nilai mata uang Turki kembali lagi dan menguat terhadap dolar (AS),” kata manajer engineering di sebuah perusahaan ini kepada Anadolu Agency.

Selain aksi beli Lira, mereka juga membeli produk makanan dan minuman Turki di sebuah minimarket di Kuala Lumpur.

Imran Mansur, seorang eskpatriat yang turut melakukan aksi tersebut, mengatakan belanja produk Turki ini merupakan langkah nyata warga Indonesia agar ekspor negeri Presiden Recep Tayyip Erdogan itu kembali menguat.

“Dengan ini akhirnya akan memperbaiki ekonomi Turki secara mandiri tanpa dipengaruhi negara-negara adidaya lainnya,” jelas pekerja profesional di pemerintahan Malaysia ini.

Koordinator aksi Hardjito Warno mengatakan apa yang mereka lakukan mungkin masih kecil secara nilai. Namun, kata Hardjito, inilah bukti cinta rakyat Indonesia ketika Turki tengah terpuruk.

“Kami akan terus berada di belakang Turki untuk mendukung ekonomi mereka,” kata jurnalis senuah media internasional ini. (*)

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

https://www.aa.com.tr/id/headline-hari/ekspatriat-indonesia-di-malaysia-aksi-beli-lira-dukung-turki/1235794

Baca Juga