SNHR: Sepanjang Agustus, Ratusan Warga Sipil Suriah Terbunuh

SALAM-ONLINE: Menurut lembaga Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SNHR), setidaknya sebanyak 391 warga sipil, termasuk 66 anak-anak, terbunuh di Suriah sepanjang Agustus 2018. SNHR menegaskan rezim Suriah bertanggung jawab atas korban jiwa tersebut.

“Sekitar 239 warga sipil tewas dalam serangan rezim pada Agustus, termasuk 13 anak-anak dan delapan wanita,” kata SNHR sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Sabtu (1/9).

SNHR juga mengungkapkan bahwa pasukan Rusia, pendukung utama rezim Basyar Asad, bertanggung jawab atas kematian 36 warga sipil di Suriah pada Agustus lalu.

Selain itu, menurut SNHR, ada sekitar 15 warga sipil dibunuh oleh kelompok teroris Kurdi, YPG/ PKK, termasuk tiga anak dan tiga wanita.

Pada bulan lalu juga, Agustus, dilaporkan lima anak, termasuk di antaranya 12 warga sipil, terbunuh di tangan ISIS. Sementara kematian 88 warga sipil, termasuk 25 anak-anak dan 17 wanita, kata SNHR, terbunuh di tangan pihak yang tidak diketahui.

Kelompok hak asasi mengatakan total warga sipil yang telah terbunuh di Suriah sejak Januari 2018 adalah sebanyak 6.036 orang. SNHR menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memberikan perlindungan kepada warga sipil di Suriah dan membawa pihak yang bertanggung jawab atas kematian warga sipil tersebut ke pengadilan. (MNM/Salam-Online)

 Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga