Serang Wilayah Dilarang Perang, Rezim Asad Langgar Kesepakatan Sochi

IDLIB (SALAM-ONLINE): Pasukan rezim Suriah dan teroris asing pro-Rezim Basyar Asad menembaki beberapa distrik di zona de-eskalasi (wilayah tak boleh berperang) di Idlib pada Jumat (19/10/2018). Serangan ini melanggar Perjanjian Sochi, 17 September 2018, antara Turki dengan Rusia.

Menurut informasi yang dihimpun oleh koresponden Anadolu Agency di Suriah, pasukan rezim yang didukung oleh kelompok teroris pro-rezim melancarkan serangan dengan beberapa tembakan artileri ke zona de-eskalasi.

Dua anak dilaporkan terluka setelah pasukan rezim menggempur beberapa distrik pinggiran kota di Idlib.

Setelah pertemuan 17 September lalu antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin di Sochi, kedua belah pihak sepakat untuk membentuk zona demiliterisasi—di mana tindakan agresi secara tegas dilarang—di provinsi Idlib Suriah.

Menurut ketentuan kesepakatan, kelompok-kelompok oposisi di Idlib akan tetap berada di wilayah saat ini mereka berada, di Provinsi Idlib. Sementara Rusia dan Turki akan melakukan patroli bersama di daerah itu dengan maksud mencegah kembalinya pertempuran. (mus)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga