Turki Akan ‘Selamatkan’ Rakyat Suriah dari Kekejaman Kelompok YPG-PKK

Presiden Recep Tayyip Erdogan

ANKARA (SALAM-ONLINE): Turki akan ‘menyelamatkan’ rakyat Suriah utara dari kekejaman kelompok teroris YPG/PKK, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada, Jumat (26/10/2018).

“Kami membebaskan Afrin, kami (juga) akan ‘menyelamatkan’ wilayah-wilayah lain di Suriah utara seperti Manbij, Ayn al-Arab, Tel Abyad dari kekejaman organisasi teroris separatis (YPG/PKK),” kata Erdogan pada upacara kelulusan Gendarmerie dan Akademi Penjaga Pantai di ibu kota Ankara, dikutip dari kantor berita Anadolu, Sabtu (27/10/2018).

Pada 20 Januari lalu, Turki meluncurkan Operation Olive Branch untuk membebaskan kota Syrin Suriah barat laut dari YPG/PKK dan Daesh (ISIS). Pada 18 Maret lalu, pasukan Turki dan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) membebaskan pusat kota Afrin.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye teror melawan Turki, PKK—yang masuk dalam daftar organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa—harus bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang di Turki, termasuk wanita dan anak-anak. YPG adalah cabang PKK di Suriah. (mus)

Baca Juga