Pasukan Rezim dan Milisi Syiah Dukungan Iran Serang Idlib, 5 Warga Gugur

Pasukan rezim Asad dan milisi Syiah Dukungan Iran melancarkan serangan di kawasan perumahan dan sekolah di Idlib, zona demiliterisasi, yang seharusnya tak boleh melakukan agresi, apalagi jadi sasaran adalah warga sipil.IDLIB (SALAM-ONLINE): Setidaknya lima warga sipil meregang nyawa dalam serangan pasukan rezim Basyar Asad dan milisi sekutu di provinsi Idlib utara Suriah, kata lembaga pertahanan sipil White Helmets, Sabtu (24/11/2018).

Pasukan rezim dan milisi Syiah yang didukung Iran menyerang bangunan-bangunan perumahan dan sekolah-sekolah di kota Jarjanazin di pedesaan timur provinsi itu, wartawan Anadolu Agency (AA) di daerah itu melaporkan.

“Serangan itu terjadi ketika siswa meninggalkan sekolah,” kata pejabat White Helmets, Mustafa Haj Yousuf kepada Anadolu Agency.

“Dua pelajar dan tiga wanita gugur dalam serangan itu,” katanya.

Setidaknya 32 warga sipil diperkirakan terbunuh dan puluhan lainnya terluka dalam serangan serupa dari pasukan rezim dan milisi Syiah sekutunya di Idlib sejak pertengahan September.

Setelah pertemuan di Sochi antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan timpalannya dari Rusia, Vladimir Putin pada 17 September, kedua pihak sepakat untuk membentuk zona demiliterisasi—di mana aksi agresi dan kekerasan secara tegas dilarang—di Idlib dan sekitarnya.

Menurut ketentuan kesepakatan itu, kelompok-kelompok oposisi di Idlib akan tetap berada di daerah-daerah di mana mereka sudah tinggal di situ selama ini. Sementara Rusia dan Turki akan melakukan patroli bersama di daerah itu untuk mencegah dimulainya kembali pertempuran. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga