Rana Ziadeh dari Gaza Masuk Nominasi ’50 Guru Terbaik Dunia’

Guru Matematika dari Gaza, Palestina, Rana Ziadeh masuk nominasi di antara 50 nominator untuk ‘Guru Terbaik Dunia’. Ziadeh akan bersaing untuk mendapatkan penghargaan terbaik dunia sebagai bagian dari kompetisi yang diselenggarakan badan amal pendidikan global ‘The Varkey Foundation’.  

Guru Palestina di Gaza Rana Ziadeh terpilih sebagai 50 guru terbaik di dunia (Foto: Shehab News)

GAZA (SALAM-ONLINE): Kementerian Pendidikan Palestina mengumumkan pada Jumat (14/12/2018) bahwa seorang guru dari Gaza telah dinominasikan sebagai salah satu dari 50 finalis “guru terbaik dunia”.

Guru matematika Rana Ziadeh akan bersaing untuk mendapatkan penghargaan sebagai bagian dari kompetisi yang diselenggarakan oleh badan amal pendidikan global The Varkey Foundation, kantor berita SAFA melaporkan, sebagaimana dikutip Middle East Monitor (MEMO), Sabtu (15/12).

Kementerian mengatakan bangga dengan Ziadeh yang memenangkan gelar ‘Guru Terbaik Pertama’ di Palestina tahun 2017 lalu.

Ziadeh telah menghadapi sejumlah tantangan sepanjang karirnya. Ia menjadi salah satu pegawai negeri di Gaza yang kehilangan setengah gajinya sebagai bagian dari sanksi yang dijatuhkan oleh Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas kepada Gaza. Ziadeh juga bekerja di sekolah yang beberapa kali jadi target pasukan Zionis, di mana puluhan pelajarnya telah terbunuh.

The Varkey Foundation mengatakan bahwa pihaknya telah mencari keempat penjuru dunia untuk menemukan 50 guru paling inspiratif yang akan dipilih sebagai ‘Guru Global’ dengan hadiah sebesar 1 juta dolar AS.

“Dari mengajar di desa pegunungan terpencil dan sekolah dalam kota untuk mengajar di beberapa wilayah paling miskin dan paling kejam di dunia; 50 finalis teratas kami mengubah kehidupan siswa di seluruh dunia dan kami tidak sabar menunggu Anda untuk bertemu dengan mereka,” demikian pernyataan The Varkey Foundation.

Untuk diketahui bahwa guru Palestina Hanan Al-Haroub, dari Tepi Barat yang diduduki, memenangkan hadiah yang sama pada tahun 2016. (mus)

Sumber: MEMO

Baca Juga
awefawef91517
%d bloggers like this: